Mesin Partai Panas, PKB Mulai Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2012 – 18:38 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat membuka Musyawarah pimpinan Nasional (Muspimnas) PKB di Jakarta, Selasa (24/1). Foto : M Ramli/Jawa Pos

JAKARTA - Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 memang masih dua tahun lagi. Namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah mempersiapkan diri agar calon legislatif (caleg) yang akan diusung bukan hanya layak jual tapi juga mumpuni.

Untuk itu, partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu mematangkan proses pencalegan dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PKB yang digelar mulai hari ini hingga Kamis (26/1) lusa. Muhaimin saat membuka Muspimnas di DPP PKB, Selasa (24/1) menyatakan bahwa Muspimnas kali ini memang untuk persiapan pemenngan Pemilu 2014.

Menurutnya, PKB sudah mematok target perolehan suara pemilih untuk Pemilu 2014 mendatang. "Paling rendah kita targetkan 10 persen minimal. Kita inginnya 15 persen (suara pemilih,red). Mesin partai kita sudah mulai dipanaskan. Lagian para kiai sebagai simpul masa didaerah juga sudah siap," kata Muhaimin.

Sederet program pun dimatangkan PKB untuk mencapai target itu. Termasuk di antaranya dalam hal rekturmen bakal caleg PKB.  Muhaimin mengatakan, partainya membuka pintu bagi semua kalangan. "Kita membuka kesempatan untuk semua kalangan yang memiliki basis dan konpetensi yang mumpuni. Sudah ada 20 artis yang siap jadi caleg PKB, tapi tetap kita seleksi," katanya.

Tak hanya itu, politisi yang juga Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) itu malah mengklaim sudah banyak politisi NU yang kini berkiprah di partai lain sudah siap bergabung dengan PKB. Karenanya ia yakin PKB sebagai anak kandung Nadhlatul Ulama (NU) akan sukses pada Pemilu 2014 mendatang.

"Satu-satunya partai yang diahirkan dari keputusan PBNU ya PKB. Jadi basis utama kita adalah santri, pesantren dan muslimat," tandasnya.

Muspimnas dengan tema  "Memperkuat Perjuangan Basis Untuk Pemenangan Pemilu 2014" itu dihadiri semua pimpinan PKB dari tingkat pusat dan provinsi, jajaran Dewan Syuro, serta seluruh anggota Fraksi PKB di DPR beserta seluruh tenaga ahlinya. Muspimnas digelar di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Berbagai agenda akan dibahas dalam acara itu demi memantabkan caleg dari PKB. "Kita juga akan melakukan pelatihan khusus untuk calon-calon anggota DPR," imbuhnya.

Bagaimana dengan ambang batas partai yang bisa mengikuti perhitungan kursi di DPR atau yang lebih dikenal dengan parliamentary threshold (PT)? Muhaimin  mengatakan, PKB berharap kenaikan angka PT cukup di kisaran 3-4 persen "Jadi harus tetap terukur dan tidak terlampau tinggi. 3-4 persen itu sudah maksimal," pungkasnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Tolak Pembatasan BBM Bersubsidi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler