Mesir Ajak Liga Arab Kecam Invasi Turki ke Suriah

Kamis, 10 Oktober 2019 – 21:49 WIB
Tentara Turki. Foto: ANP

jpnn.com, KAIRO -
Liga Arab bakal menggelar sidang darurat akhir pekan ini membahas agresi militer Turki ke Suriah. Sidang ini digelar atas permintaan Mesir yang mengecam aksi Turki tersebut.

Kementerian Luar Negeri Mesir dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu (9/10), mengutuk keras agresi Turki di wilayah Suriah.

BACA JUGA: Turki Serbu Suriah, Iran Tidak Tinggal Diam

"Tindakan Turki merupakan serangan terang-terangan dan tidak bisa diterima terhadap kedaulatan negara Arab yang memiliki rasa persaudaraan," tulis pihak Kementerian Luar Negeri Mesir dalam pernyataan tersebut.

Turki melancarkan serangan militer terhadap pasukan Kurdi di Suriah, Rabu (9/10). Serangan tersebut dilancarkan hanya beberapa hari setelah Amerika Serikat menarik pasukannya dari wilayah itu.

BACA JUGA: Turki Makin Songong, Yunani Minta Bantuan Amerika

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan, operasi tersebut bertujuan memusnahkan jalur teror di perbatasan selatan Turki. Namun, negara-negara Eropa meminta Ankara untuk menghentikan operasi tersebut.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi telah membahas serangan Turki itu dengan mitranya dari Irak, Barham Salih melalui sambungan telepon. kata juru bicara kepresidenan Mesir Bassam Rady, seperti dilaporkan surat kabar kelolaan negara, Akhbar Elyom.

"Agresi Turki menunjukkan perkembangan berbahaya yang mengancam perdamaian dan keamanan dunia serta memperburuk krisis di kawasan," kata Juru Bicara Kepresidenan Mesir Bassam Rady. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler