Messi Dukung Martino

Celta Bantah Enrique ke Barca

Senin, 22 Juli 2013 – 06:12 WIB
BARCELONA - Dua nama sangat dijagokan menggantikan Tito Vilanova sebagai pelatih Barcelona. Meski pihak klub belum mengumumkannya, spekulasi yang beredar menyebutkan kalau kedua nama itu adalah Gerardo Martino dan Luis Enrique.

Tata panggilan Gerardo Martino sejauh ini berada di pole position. Apalagi pelatih berusia 50 tahun itu dalam posisi menganggur setelah dilepas oleh Newell"s Old Boys awal bulan ini.

Bintang utama Barca Lionel Messi kabarnya sudah berbicara dengan manajemen untuk mendatangkan Martino. Sebagai sesama pria yang lahir dan besar di Rosario, Argentina, Messi merasa mampu bekerjasama dengan Martino.  "Saya suka Tata Martino. Dia adalah manager yang luar biasa,"  kata Messi kepada Diario Ole tentang eks pelatih timnas Paraguay itu.        

Karena dukungan Messi itulah, Direktur Olahraga Barca Andoni Zubizarreta dan Direktur Sepak Bola Raul Sanlleh  (direktur sepakbola) sudah terbang ke Argentina untuk berbicara dengan Martino. 

Menurut surat kabar Spanyol Marca, Zubizarreta dan Sanllehi sangat tertarik dengan pendekatan sepakbola menyerang dan atraktif yang diterapkan Martino. Walau tidak pernah berkarir di Eropa, sepak terjang Martino yang berhasil memenangkan empat gelar di Primera Division Paraguay dan satu piala di Primera Division Argentina sangat impresif.  

Pada 2007, Martino terpilih menjadi Pelatih Terbaik Amerika Selatan saat menangani tim nasional Paraguay.  "Saya bisa mengidentifikasi bagaimana gaya bermain Barcelona. Saya seorang pengagum karya besar yang sudah dilakukan (Pep) Guardiola. Gaya seperti itulah yang saya suka. Passing adalah segalanya dalam sepakbola," kata Martino kepada Marca. 

Selain Tata, Luis Enrique juga sangat difavoritkan menjadi kandidat pelatih Barca. Mantan pemain kesayangan Nou Camp (1996-2004) tersebut dinilai sangat memahani kultur Barca. Apalagi, Lucho panggilan Enrique pernah membesut tim Barcelona B (2008-2011) menggantikan Pep Guardiola.

Namun, Enrique baru saja menjalin kontrak dengan Celta Vigo pada 8 Juni lalu. Pelatih berusia 43 tahun itu menggantikan Abel Resino yang dipecat.

Kemarin, Celta sudah menolak segala bentuk ketertarikan kepada Enrique. Dan, sumber terdekat Enrique mengatakan bahwa tidak ada penggilan telpon dari Barca.  "Klub sangat percaya pada komitmen besar manajer kami," tulis pernyataan resmi Celta.

Selain Martino dan Enrique, Barca juag dihubungkan dengan beberapa nama. Antara lain Joan Francesc Ferrer (Asisten Tito), Marcelo Bielsa (eks pelatih Athletic Bilbao), Frank De Boer (Ajax Amsterdam), dan Luis Carreras (mantan pelatih Sabadell).

Nama-nama pelatih besar seperti Andre Villas-Boas (Tottenham Hotspur), Vitor Pereira (Eks Manajer Porto, pelatih Al-Ahli), Jurgen Klopp (Borussia Dortmund), Michael Laudrup (Swansea), Juup Heynckes (Eks Manager Bayern Muenchen), dan Arsene Wenger (Arsenal) juga disebut-sebut.

Dalam polling yang digelar di surat kabar Sport, fans sangat memfavoritkan Heynckes untuk menjadi pelatih Barca berikutnya. Namun, pria berusia 68 tahun itu menolak andaikata Barca menawarinya.

"Sekarang sangat tidak mungkin untuk menangani tim baru setelah kebersamaan sama dengan Bayern Muenchen," kata Heynckes kepada Sky Sports Jerman.

"Saya tetap membuat diri ini sibuk. Saya punya hobi, saya melakukan beberapa jenis olahraga, saya punya binatang peliharaan, dan taman yang harus dijaga," imbuhnya. (nur/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tur ke Kalimantan, Persib Bandung Target 6 Poin

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler