Milan Lab Tak Lagi Mujarab

Kamis, 12 April 2012 – 06:31 WIB
DAFTAR panjang pemain cedera di AC Milan membuat reputasi Milan Lab dipertanyakan. Padahal, dulu Milan Lab dikenal sebagai laboratorium kesehatan olahraga paling canggih di level klub dan merupakan kebanggan klub berjuluk Rossoneri tersebut.

Bukti tak lagi mujarabnya Milan Lab bisa dilihat dari banyaknya pemain yang cedera musim ini.     Ketika menang dengan skor kurang meyakinkan atas Chievo Verona,kemarin dini hari, Milan kehilangan 14 pemain, dan 11 pemain di antaranya sedang terkapar cedera.

Di luar kasus Antonio Cassano dan Gennaro Gattuso yang mengalami kelainan jantung dan mata, para pemain lainnya cedera karena aktivitas olahraga. Paling parah tentu cedera lutut yang dialami Mathieu Flamini, dia absen sepanjang musim ini.

Striker Alexandre Pato juga tidak kalah naas. Musim ini saja, dia mengalami cedera otot di 13 lokasi di tubuhnya. Dia sempat tampil 14 menit ketika Milan kalah dari Barcelona pada second leg (3/4).  Namun, setelah itu cedera Pato kambuh lagi dan harus absen hingga akhir musim.

"Kami sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah Pato. Mulai membawanya ke Jerman hingga Amerika Serikat. Tetapi, masalah tak kunjung selesai," papar Jean Pierre Meersseman, kepala tim dokter Milan, di situs resmi klub.

Sepanjang musim ini, pekan terbaik, dalam konteks minim pemain absen adalah pada pekan ke-12 ketika melawan Fiorentina, 19 November tahun lalu. Saat itu hanya empat pemain Milan yang absen.

Buruknya rumput di San Siro, markas Milan, memang sering menjadi kambing hitam dari panjangnya daftar cedera. Banyak tim tamu yang mengeluh, seperti Arsenal dan Barcelona ketika bersua Milan di Liga Champions.

Inter Milan yang juga memakai stadion yang sama juga pernah mengalami kendala banyaknya pemain cedera.  Misalnya saja Wesley Sneijder, Dejan Stankovic, Walter Samuel, dan beberapa pemain lainnya. Tetapi, mereka tidak separah Milan.

Sebaliknya, ketika Milan kesulitan mengatasi masalahnya, Juve telah mampu mengatasi masalah lama mereka soal buruknya rumput lapangan latihan di Vinovo, markas latihan Juve. Hasilnya, hanya 12 pemain yang cedera dan absen di 33 laga.

"Kami salut dengan cara pelatih (Antonio Conte) menangani tim ini. Dia mampu menjaga semangat tim dan juga merotasi pemain dengan baik. Saya yakin kami bisa memenangkan gelar musim ini," kata Giorgio Chiellini, vek Juve, seperti dikutip Goal. (ham/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Test Case Arsitek Gres

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler