Minat Siswa ke Sekolah Kejuruan Negeri Meningkat

Senin, 02 Juli 2012 – 08:25 WIB

MEDAN-Minat calon siswa untuk masuk Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) di Medan, menunjukkan peningkatan. Terbukti pada hari terakhir penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sejumlah SMKN untuk periode 2012-2013 membludak. Salahsatunya yakni SMKN 9 Medan.

Kepala SMKN 9 Medan, Sakti Siregar MPd menyebutkan hingga hari terakhir , jumlah pendaftar lebih 1.000 orang, padahal daya tampung di sekolah ini hanya 520 orang.

"Untuk pendaftar tahun ini melebihi jumlah kuota yang disediakan sekolah,ujar Sakti saat dikonfirmasi kemarin.   

Hal yang sama disampaikan Kepala SMKN 8 Medan, Ali Hasmy. Dirinya menyebutkan tahun ini animo calon siswa SMKN 8 lebih tinggi dibanding tahun lalu.

"Saya melihat antusias calon siswa maupun orang tuanya terhadap SMK semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi kesempatan siswa lulusan SMK untuk langsung bekerja atau berwira usaha, sehingga menjadi minat tersendiri kepada masyarakat," katanya.

Dia berharap siswa yang mendaftar di SMK bukan hanya ikut-ikutan teman, tetapi murni dengan kemauan yang kuat. Sebab, sekolah kejuruan memerlukan keseriusan dan potensi minat dan bakat yang mendukung siswa untuk berhasil dengan jurusan yang dia pilih.

Di sekolah ini program keahlian yang bisa dipilih calon siswa antara lain, akomodasi perhotelan, jasa boga, patiseri, busana butik, kecantikan rambut serta kecantikan kulit dengan daya tampung sebanyak 504 sebanyak 14 kelas.

Pantauan lainnya di SMKN 7 Medan, sebelum hari terakhir, lebih dari 500 formulir habis diambil pendaftar, hal itu diakui seorang panitia bernama Linda. Meski dari keseluruhannya masih ada yang mengambil dan belum mengembalikan, namun pendaftar lebih antusias dari tahun sebelumnya. Para pendaftar yang dimintai pendapatnya tentang SMK memang mengakui jika sekolah ini bakal memberikan kemudahan kepada mereka untuk bekerja atau membuka usaha.

Seperti diketahui seleksi nilai murni dimulai dari 25 s/d 30 Juni 2012 dan pengumumannya 2 Juli 2012. Sedangkan seleksi jalur bina lingkungan dimulai 3 Juli 2012 dan pengumumannya 5 juli.

"Untuk bina lingkungan harus menyertakan foto copy kartu keluarga, SK miskin dari kelurahan, serta sertifikat prestasi baik Medan, Provinsi, Nasional dan Internasional," kata Azizah panita penerimaan siswa baru.  (uma)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Komite Sekolah Butuh Evaluasi Total


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler