Minta Berapa Gol Tata?

Rabu, 18 September 2013 – 16:59 WIB
Gerardo Martino. Getty Images

BARCELONA - Kemenangan 7-0 atas Valerenga di pramusim (27/7) menyambut peresmian Gerardo "Tata" sebagai pelatih baru Barcelona. Kemenangan tujuh gol tanpa balas kembali dipersembahkan Xavi Hernandez dkk menandai debut pelatih berkebangsaan Argentina itu dalam laga resmi pertamanya di Primera Division (18/8).
 
Kini, menyambut debut Tata di Liga Champions, berapa gol yang akan dijaringkan Barca ke gawang Ajax Amsterdam di Camp Nou dini hari nanti (siaran langsung SCTV kickoff 01.45 WIB).
 
Tata memang memperoleh kabar duka kemarin seiring meninggalnya sang ayah, George Martin. Tapi, pelatih kelahiran Rosario 50 tahun lalu itu bakal bersikap profesional. Dia akan tetap mendampingi anak asuhnya melawan Ajax dan baru bertolak ke Argentina seusai laga.
 
"Saya tetap antusias menjalani debut Liga Champions meskipun saya juga grogi karena standar klub kami di ajang ini. Ketika saya menerima pekerjaan sebagai pelatih Barca, saya menerima konsekuensi bahwa tidak bisa memenangi ajang ini sama dengan kegagalan," kata Tata seperti dilansir Marca.
 
Tata memang tidak menargetkan hasil muluk-muluk atau kemenangan dengan banyak gol lawan Ajax. Eks pelatih timnas Paraguay itu hanya berharap Xavi cs tak mengulang kesalahan dalam laga terakhir kontra Sevilla (14/9). Dalam laga itu, Barca nyaris bermain seri 2-2 sebelum Alexis Sanchez mencetak gol kemenangan di menit akhir masa injury.
 
"Barcelona memiliki masalah dalam (mengantisipasi) set pieces. Itu lebih karena faktor fisik dan kami tidak bisa menemukan solusinya. Satu-satunya cara yang harus kami lakukan adalah bagaimana lebih efektif dalam bertahan," tutur pelatih yang bersama Barca memiliki ciri khas suka mengenakan polo shirt hijau muda itu.
 
Terlepas memiliki problem pertahanan, Barca mencatat hasil ekselen di awal musim ini. Yakni, meraih hasil seratus persen dalam empat pertandingan liga dan memenangi Piala Super Spanyol meski dua kali bermain seri kontra Atletico Madrid. Perlu dicatat, Barca juga tak terkalahkan dalam 21 home terakhirnya di Eropa.
 
Sebaliknya, Ajax musim ini dianggap tak setangguh musim lalu. Kehilangan pilar seperti Christian Eriksen (ke Tottenham Hotspur) dan Toby Alderweireld (Atletico) membuat performa skuad asuhan Frank de Boer tersendat-sendat. Dalam enam laga awal di Eredivisie, Ajax sudah kalah sekali dan dua kali seri.
 
"Barcelona mungkin 3-4 level di atas lawan-lawan kami di Eredivisie. Namun, kami tidak takut kalah. Kami akan berusaha meraih sesuatu di kandang mereka," kata Nicklas Moisander, defender Ajax sekaligus kapten timnas Finlandia itu, seperti dilansir NUsport.
 
"Apakah (Lionel) Messi akan menjadi mimpi buruk kami - Dia mungkin akan memberikan kesulitan. Tapi, sebagai pemain bertahan Ajax, kami siap "memakan" setiap striker lawan," kata Stefano Denswill, defender Ajax lainnya, kepada De Telegraaf. (dns)

BACA JUGA: Yamaha Jajal Motor Baru untuk 2014

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebelum Tanding, Maldini Telepon Mama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler