Minum Susu Cokelat Ampuh Atasi Badan Lemas?

Selasa, 26 Februari 2019 – 22:58 WIB
Ilustrasi susu cokelat. Foto: Pixabay

jpnn.com - Badan lemas merupakan keluhan yang umumnya terjadi setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga.

Apakah Anda sering merasakan keluhan tersebut? Jika ya, cobalah untuk minum segelas susu cokelat.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Cara Mudah ini

Faktanya, susu cokelat telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai asupan terbaik setelah olahraga. Ini adalah asupan utama yang dipilih oleh pelari marathon pemenang medali emas Olimpiade asal Inggris, Mo Farah.

Melansir dari Newsweek, susu cokelat mengandung sejumlah karbohidrat, protein, dan lemak, serta air dan elektrolit.

BACA JUGA: Ini 3 Kiat Mudah Optimalkan Kerja Otak

Kombinasi semua zat gizi tersebut disinyalir mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga. Karenanya, susu cokelat bisa membantu mengusir badan lemas.

Manfaat susu cokelat bagi tubuh

BACA JUGA: Mana yang Lebih Baik, Pakaian Ketat atau Longgar Saat Berolahraga?

Para peneliti melakukan tinjauan terhadap bukti yang ada untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana susu cokelat bisa memberikan pengaruh baik pada tubuh selama dan setelah olahraga.

Para peneliti yang berbasis di Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Sadoughi di Yazd, Iran, melakukan 12 studi kecil. Sekitar 150 peserta terlibat dalam studi, dan sebagian besar dari mereka adalah orang yang doyan olahraga lari atau bersepeda.

Setelah menghitung, membandingkan, dan mengukur bersama dengan faktor-faktor lain, seperti lamanya waktu yang dibutuhkan para peserta studi untuk merasa kelelahan secara fisik, tingkat tenaga, dan detak jantung, para peneliti menemukan sebuah hasil yang mengejutkan.

Peserta studi yang minum susucokelat ditemukan dapat berolahraga selama satu menit lebih lama sebelum kelelahan dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo, dan enam menit lebih lama dibandingkan dengan yang mengonsumsi minuman olahraga.

Peserta studi yang minum susu cokelat juga memiliki kadar asam laktat yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi plasebo.

Berdasarkan temuan tersebut, pemimpin studi, Amin Salehi-Abargouei dari Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Sadoughi di Yazd mengatakan bahwa susu cokelat adalah pilihan yang murah, lezat dan enak untuk pemulihan setelah berolahraga.

Minuman tersebut juga menyediakan efek serupa atau lebih superior daripada minuman komersial lainnya.

Kendati bisa memberikan manfaat yang signifikan, konsumsi susu cokelat tetap perlu dibatasi. Hal ini dikatakan oleh ahli diet dan juru bicara untuk British Dietetic Association, Aisling Pigott.

"Jika minum susu cokelat setiap hari dengan tingkat aktivitas rendah atau sedang, itu akan memberi Anda terlalu banyak gula, kalori, dan pada akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan. Konsumsi susu cokelat mengacu pada mereka yang membutuhkan energi tinggi untuk melakukan aktivitas berat,” ujarnya.

Kesimpulannya, susu cokelat memang bisa menjadi solusi untuk mencegah sekaligus mengatasi terjadinya badan lemas setelah melakukan aktivitas berat.

Namun, konsumsinya tetap perlu dibatasi agar tidak berlebihan. Ingat, segala sesuatu yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih atau tidak pada porsinya bisa mendatangkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai 5 Hal ini Jika Pusing Saat Olahraga


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler