Minyak Kelapa Efektif Obati Peradangan Akibat Luka Bakar

Kamis, 10 Mei 2018 – 12:53 WIB
Minyak kelapa

jpnn.com - Selain bisa digunakan untuk memasak, minyak kelapa ternyata sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar dan pengobatan lain.

Minyak kelapa tidak hanya mencegah infeksi sekunder dan menstimulasi proses penyembuhan, tetapi juga menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi munculnya bekas luka di kulit.

BACA JUGA: Atasi Kulit Kepala Kering dengan 3 Ramuan Ini

Dilansir dari Healthy guide, Rabu (9/5), berikut manfaat minyak kelapa.

1. Bersifat Penyembuhan

BACA JUGA: Minyak Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Minyak kelapa mengandung sifat penyembuhan luka alami dan aman. Dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat yang meningkatkan produksi kolagen.

Juga, dapat meningkatkan proliferasi sel di lapisan jaringan ikat yang rusak dan menstimulasi pembentukan pembuluh darah.

2. Meredakan Nyeri

Minyak kelapa bersifat anti-inflamasi dan analgesik karena mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh luka bakar.

3. Merangsang Produksi Kolagen

Luka bakar merusak serat kolagen kulit. Oleh karena itu, sintesis kolagen sangat penting untuk penyembuhan luka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa merangsang produksi kolagen dan secara bersamaan memperkuat kulit yang rusak.

4. Mengandung Anti-inflamasi

Luka sering disertai dengan kemerahan, peradangan, dan rasa sakit. Anda dapat mencegah gejala-gejala ini dengan konsumsi atau mengoleskan minyak kelapa.

Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa mengandung sifat analgesik dan anti-inflamasi yang efektif untuk mengobati berbagai kondisi peradangan.

5. Mengangkat Pertahanan Antioksidan

Kulit yang luka dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman. Sifat anti-oksidatif yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan luka.

Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa dikemas dengan polifenol yang membantu mengurangi stres oksidatif.

6. Bersifat Anti-Mikroba

Sangat penting bagi untuk membersihkan luka-luka dan menutupinya dengan perban steril. Juga, dapat mencegah infeksi dengan menerapkan beberapa minyak kelapa ke luka untuk mencegah kontaminasi.

Menurut sebuah penelitian minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, yang efektif mencegah infeksi jamur. (fid/JPC)

 

 


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler