Misi Berat Deltras

Rabu, 08 Februari 2012 – 09:14 WIB

PALEMBANG - Deltras Sidoarjo menjalani misi berat di Palembang. Saat kepercayaan diri pemain sedang terjun bebas karena baru dipermalukan tim juru kunci Persiram Raja Ampat. Mijo Dadic dan kawan-kawan dipaksa menantang  tim papan atas Indonesia Super League (ISL), Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring Palembang, sore nanti (siaran langsung Antv pukul 15:30 wib).

Tidak ada target lain bagi The Lobster, julukan Deltras dalam laga tersebut selain mengamankan poin. Targetnya, sebelum putaran pertama kompetisi ISL berkahir, tim kebanggaan Deltamania ini harus nangkring di posisi sepuluh besar klasemen sementara. Saat ini Deltras berada di peringkat 12 dengan mengoleksi 11 poin.

"Mengamankan satu poin dalam pertandingan ini adalah sebuah keistimewaan bagi tim kami. Apalagi semua orang tahu bila lawan yang kami hadapai nanti adalah tim dengan materi pemain yang cukup bagus. Jadi, tidak ada kata lain selain anak-anak harus bermain maksimal dalam laga kali ini," ujar Jorg Peter Steinebrunner, pelatih Deltras Sidoarjo, kemarin (7/2).

Steinebrunner pun paham, bila target mencuri poin dari -Laskar Wong Kito- julukan Sriwijaya FC adalah tugas berat. Oleh karena itu, sejumlah strategi telah dirancang oleh pria berkebangsaan Jerman ini. Rencananya, untung menghalau dominasi Firman Utina dan kawan-kawan akan menggunakan formasi 4-4-2. Qischil Gandrum akan diberikan kepercayaan untuk duet dengan Sean Daniel Rooney di garis terdepan.

Di sektor tengah, ada deretan nama pemain senior seperti M Fakhrudin, Walter Brizuela, Juan Revi, Shin Hyun-joon. Sementara tanggungjawab benteng pertahanan akan dipercayakan kepada Waluyo, Purwaka Yudhi, Mijo Dadic, serta pemain pendatang baru Supandi yang menggantikan posisi Benny Wahyudi.

"Sepertinya formasi ini sudah cukup bagus untuk bermain menyerang maupun bertahan. Namun, yang paling penting adalah kepemimpinan wasit dalam pertandingan ini harus fair, jangan berpihak bagi tuan rumah saat kami melawan Persiram dulu. Anak-anak bisa mengeluarkan permainan terbaik mereka jika wasit menjalankan tugasnya dengan sportif," ucapnya.

Sementara itu, meski bertindak sebagai tuan rumah, Sriwijaya FC memilih untuk merendah terkait target dalam laga tersebut. Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi mengatakan dia tetap akan menginstruksikan penggawanya untuk bermain maksimal seperti saat mereka menjamu tim-tim lainnya.

Tujuannya satu, tim asal Kota Pempek ini berambisi besar untuk merebut posisi puncak yang pernah disabet oleh mereka tiga pecan lalu. Ya, bila dalam pertandingan ini, Sriwijaya FC mampu mengamankan poin penuh, maka besar kemungkinan mereka bakal langsung menjadi pemuncak klasemen dengan menoleksi 25 poin dari 12 laga yang dijalani.

Hasil tersebut mengungguli Persiwa Wamena yang masih mengoleksi 23 poin lantaran tumbang 0-2 dari PSPS (7/2) lalu. Dan unggul satu poin dari pemuncak klasemen, begitu juga dengan Persipura Jaya Pura yang mengoleksi 24 poin lantaran kalah 0-1 dari Persija Jakarta, di Jogjakarta kemarin.

"Ini kesempetan kami untuk kembali menjadi pemuncak klasemen. Kami harapkan anak-anak mampu bekerja serius. Sehingga, target menang bisa kami raih. Toh kekuatan tim tidak bisa dinilai dari posisi mereka di peringkat klasemen sementara. Termasuk Deltras, meski berada di peringkat bawah, kami tetap harus mengantisipasi mereka," ujar Kas Hartadi. (dik/gsm/jpnn)

Perkiraan pemain

Sriwijaya FC (4-2-3-1) : 12- Ferry Rotinsulu (pg); 22- Supardi, 13- Achamd Jufriyanto, 6- Thierry Gathussi, 24- Mahyadi Pangabean; 11- Ponaryo Astaman, 4- Lim Junsik; 23- M Ridwan, 15- Firman Utina, 10- Hilton Moreira; 17- Keith Kayamba.
Pelatih: Kas Hartadi
Kostum : kuning-kuning

Deltras (4-4-2): 59-Wawan Hendrawan(pg), 45-Waluyo, 2-Purwaka Yudhi, 20-Mijo Dadic, 22- Supandi; 5-M Fakhrudin, 7- Juan Revi, 10- Walter Brizuela, 8- Shin Hyun-joon; 16- Qischil Gandrum, 9- Sean Daniel Rooney
Pelatih : Jorg Peter Steinebrunner
Kostum : Merah-merah
BACA ARTIKEL LAINNYA... Balotelli Tetap Ingin Merumput di Inggris


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler