Mitra Kukar Bantai Persiba 4 Gol Tanpa Balas

Senin, 05 Mei 2014 – 07:13 WIB

jpnn.com - SAMARINDA – Mitra Kukar menutup putaran pertama Indonesia Super League (ISL) 2014 Wilayah Timur dengan hasil gemilang. Naga Mekes, sebutan Mitra Kukar, mengandaskan perlawanan Persiba Balikpapan 4 gol tanpa balas pada laga di Stadion Aji Imbut, Minggu (4/5) malam.

Ini membuat Mitra Kukar sementara berada di puncak klasemen. Bahkan Naga Mekes bisa menutup putaran pertama dengan status juara paruh musim, meski masih harus menunggu hasil laga Persipura vs Perseru, Serui.

BACA JUGA: Pemain ke Timnas, TC Persebaya Batal Lagi

Juara wilayah timur memang tidak jadi patokan utama Mitra Kukar. Pasalnya sejak awal tim yang bermarkas di Tenggarong ini “hanya” membidik posisi empat besar, untuk meraih tiket ke fase 8 besar.

Menilik performa yang ditunjukkan pasukan Stefan Hansson, hal itu sepertinya bukan hal yang terlalu sulit diwujudkan. Kini, manajemen Mitra Kukar bahkan membidik target lebih bergengsi. Menjadi wakil Indonesia di ajang AFC Cup. Dengan kuota dua tim Indonesia dari federasi sepak bola Asia, AFC, maka posisi minimal yang harus diduduki Mitra Kukar adalah runner-up ISL.

BACA JUGA: Clippers Lulus Ujian Emosional

“Target minimal kami adalah bisa tembus AFC. Kami harap selanjutnya tim bisa bermain lebih greget dengan pergerakan yang efektif karena pada babak delapan besar, lawan akan lebih sulit, tim-tim terbaik dari wilayah barat,” tutur Roni Fauzan, manajer Mitra Kukar.

Menurut pria yang biasa disapa Oni itu, meski timnya meraih hasil bagus di putaran pertama, tapi pihaknya akan tetap melakukan evaluasi. Bahkan bisa jadi akan ada penambahan amunisi pada putaran kedua.

BACA JUGA: Mayweather Lolos dari Teror Maidana

“Bisa saja ada penambahan ataupun pengurangan. Namun secara umum kami puas dengan penampilan tim yang sekarang ada,” ungkapnya.

Mitra Kukar memang pantas menargetkan capaian maksimal. Selain posisi tertinggi di klasemen wilayah timur, Naga Mekes juga jadi tim terbaik dari Benua Etam. Dua kali melakoni laga melawan tim asal Kaltim di Aji Imbut, semuanya berakhir dengan kemenangan.

Sebelum mengalahkan Persiba, Putra Samarinda lebih dulu dibekap dengan dua gol tanpa balas. Dominasi atas tim Kaltim kembali berlanjut saat meladeni Persiba dengan empat gol tanpa balas.

Semalam, gol pertama diciptakan oleh Anindito Wahyu pada menit ke-23. Dua menit kemudian Mitra Kukar menggandakan gol melalui Herman Dzumafo. Tendangan kerasnya tidak mampu dihalau penjaga gawang Persiba Balikpapan, Wawan Hendrawan.

Terus menggempur pertahanan tim Kota Minyak, giliran Erick Weeks Lewis yang unjuk aksi pada menit ke-32. Akhir pesta gol dalam laga penutup putaran pertama Mitra Kukar dilakukan oleh pemain belakang Reinaldo Lobo yang mencetak gol semenit sebelum jeda turun minum.

Kemenangan tersebut membuat mereka mengoleksi 20 poin dari total 10 kali bermain dengan rincian enam kemenangan serta masing-masing dua kekalahan dan hasil imbang. Posisi mereka bisa dipastikan tidak akan tergeser hingga putaran pertama selesai, lantaran pesaing terdekatnya, yakni Persela (19 poin), Persebaya (17 poin) sudah menghabiskan jatah bermainnya.

Menang atas tim Beruang Madu, pelatih Stefan Hansson mengaku puas. Meski tidak ada gol yang bisa tercipta pada babak kedua, Hansson tidak menganggap hal tersebut sebagai masalah.

“Kami mampu menguasai pertandingan ini. Sudah aman saat bermain pada babak kedua. Para pemain juga sudah berusaha mencetak gol tetapi tidak berhasil,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Persiba, Jaya Hartono mengakui keunggulan Mitra Kukar. “Permainan Mitra Kukar begitu atraktif. Kami sudah mencoba disiplin dalam bertahan. Namun pergerakan mereka sulit dibaca, terutama pergerakan tanpa bolanya,” jelas Jaya.

“Maulana (bek Persiba Balikpapan) sudah diinstruksikan agar mengawal Weeks. Tetapi dia (Weeks) sangat sulit untuk dihentikan,” jelasnya.

Hasil ini membuat Persiba tak beranjak dari zona merah. Dengan baru mengemas 9 poin, Beruang Madu masih terjerembab di zona degradasi. Tapi Persiba masih punya peluang mengakhiri putaran pertama di zona yang lebih aman andai mampu memaksimalkan laga melawan Putra Samarinda, Kamis (8/5) mendatang. (*/man/ndy/obi/che)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Enam Transfer demi Liga Champions


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler