Mobil Bioskop PDIP Mulai Bergerak ke Seluruh Desa di Indonesia

Jumat, 29 September 2023 – 11:43 WIB
PDIP meluncurkan mobil bioskop keliling saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan mobil bioskop keliling ini akan dikirim masuk ke desa-desa, menemui warga di berbagai penjuru Indonesia. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau DPP PDIP meluncurkan armada mobil bioskop keliling.

Mobil bioskop keliling tersebut akan disebar ke seluruh Indonesia untuk menyiarkan pesan-pesan kebaikan negeri bagi rakyat Indonesia.

BACA JUGA: Megawati, Ganjar Pranowo, dan Jokowi Akan Berpidato di Pembukaan Rakernas PDIP

Peluncuran itu akan dilakukan pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional IV PDIP pada Jumat (29/9).

Adapun Rakernas IV PDIP digelar mulai 29 September hingga 1 Oktober 2023.  Tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan subtema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

BACA JUGA: Kemendikbud Bagi-bagi Mobil Bioskop Keliling untuk Daerah 3T

Sebanyak tujuh dari total 38 unit mobil ditampilkan dalam peluncuran di area parkir Jiexpo  Kemayoran, Jakarta.   

Mobil bioskop keliling itu akan membawa informasi seputar PDIP dan Capres 2024-2029 Ganjar Pranowo menjelang Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA: Persiapan Sudah Matang, Rakernas IV PDIP Siap Digelar

Masyarakat juga dapat menikmati tontonan film gratis yang bernilai edukasi dan  menghibur.

Adapun film-film itu, seperti dokumenter riwayat Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, klip biografi ringkas Ganjar Pranowo, film The Last Barongsai besutan Rano Karno. Banyak lagi suguhan film lain yang bakal diputar di mobil bioskop keliling.

Armada mobil bioskop keliling ini dilengkapi dengan layar lebar dan sound system mutakhir.

Mobil bioskop ini akan dikirim masuk ke desa-desa, menemui warga di berbagai penjuru Indonesia.

DPP PDIP menugaskan sejarawan Bonnie Triyana yang juga Caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan I Banten (Pandeglang, Lebak), sebagai ketua armada bioskop keliling yang bertanggung jawab memproduksi serta melakukan kurasi atas kontennya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan mobil bioskop keliling ini mulai bergerak seusai penyelenggaraan rakernas.

Menurut Hasto, mobil bioskop ini merupakan permintaan dari Ketua Umum PDIP Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri.

Dia bercerita Bu Mega, panggilan akrab Megawati Soekarnoputri, yang rutin membaca koran setiap pagi, melihat berita tentang layar tancap.

Menurut Hasto, Bu Mega memang memiliki kekuatan imajinasi dan ide dalam berbagai hal.

“Ibu melihat dahulu dari koran, lihat dahulu dari berita apa persoalan rakyat. Tiba-tiba ibu membaca tentang layar tancap. Wah, ternyata layar tancap ini masih diterima di daerah-daerah," ungkap Hasto.

Lalu, Bu Mega pun memanggil Hasto Kristiyanto.  Putri Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno alias Bung Karno itu pun memerintahkan Hasto untuk membuat mobil bioskop tersebut.

"Dikatakan, ini, kan, layar tancap, bagus untuk sosialisasi tentang Pancasila, tentang kerakyatan, tentang pembelaan kita terhadap wong cilik, tentang stunting. Ini, kan, bagus. Coba kamu buat,” kata Hasto menirukan permintaan Megawati ketika memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Daerah PDIP Provinsi Banten di Kantor DPD PDIP Banten di Kota Serang, Minggu (10/9).

Setelah mendengarkan permintaan itu, lanjut Hasto, PDIP merancang realisasinya.

Hasto mengatakan jajaran PDIP lalu menghubungi perusahaan karoseri untuk membuat truk atau mobil tersebut. (boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler