Moonton Games dan Garudaku Akademi Dorong Pertumbuhan Ekosistem Esports di Indonesia

Kamis, 17 November 2022 – 20:51 WIB
Kerja sama antara Moonton Games dan Garudaku Akademi untuk mendorong pertumbuhan ekosistem Esports di Indonesia.Foto: Moonton

jpnn.com, JAKARTA - Moonton Games berkolaborasi dengan Garudaku Akademi untuk mendorong pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia.

Kolaborasi tersebut dilakukan mengingat perkembangan industri esports yang makin pesat di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

BACA JUGA: Penutupan Piala Presiden Esports 2022 Bergelimang Prestasi Para Juara

Menurut data Global Games Market Report 2021, Indonesia menempati posisi 17 pasar game terbesar dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Berdasarkan data Evos Esports yang merupakan salah satu tim esports terbesar di Indonesia dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara, Indonesia berkontribusi sekitar 43 persen terhadap jumlah total tersebut.

BACA JUGA: Ini Jadwal dan Nominasi Indonesian Esports Awards 2022

Selain itu, Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai USD 2,08 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

Artinya, tingginya peminay gamers dan jumlah pendapatan ini menjadi indikasi bahwa industri esports memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia.

BACA JUGA: Piala Presiden Esports 2022 Momentum Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Namun sayangnya, industri esports Indonesia juga memiliki rintangan dalam akses internet dan masih minimnya penggunaan smartphone.

Untuk itu, Moonton sebagai perusahaan yang ikut berkontribusi di industri game dan digital Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk mengurangi kesenjangan akses digital di pedesaan.

Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia Azwin Nugraha mengatakan Moonton Games berkolaborasi bersama Garudaku Akademi meluncurkan program Moonton Cares, Membina Sang Legenda.

"Ada 210 siswa dari tujuh sekolah di Jawa Timur, yang tergabung. Kami akan memfasilitasi program pembinaan yang mencakup berbagai program untuk pembekalan para siswa yang mempunyai minat terjun ke industri esports," ujar Azwin, Kamis (17/11).

Selain itu, Monton akan membukakan akses digital dengan memberikan donasi smartphone ke sekolah-sekolah.

"Harapannya, agar siswa dapat langsung mempraktikan penggunaan telepon pintar dan bukan cuma belajar soal teori sehingga bisa langsung diimplementasikan di dunia nyata, khususnya pendidikan," kata Azwin.

Sejak 2018, Moonton Games telah melahirkan ratusan atlet esports yang telah berkompetisi di level profesional Mobile Legends, Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia dan juga Mobile Legends: Bang Bang Development League Indonesia.(mcr28/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler