Mou Butuh Menang

Rabu, 29 Agustus 2012 – 07:34 WIB
MADRID - Kemenangan 1-0 saja sudah cukup untuk membawa Real Madrid menjuarai Piala Super Spanyol, dini hari nanti, melawan Barcelona. Tabungan dua gol saat kalah 2-3 pada first leg akan sangat membantu Los Blancos, julukan Real.
   
Sayang, dengan performa Real yang buruk pada awal musim ini, sepertinya menang 1-0 menjadi hal yang teramat sulit. Apalagi di el clasico. Mereka bisa-bisa malah dipermalukan di Santiago Bernabeu, dini hari nanti (siaran langsung TV One pukul 03.30 WIB).
   
Dua kali kalah dan sekali seri pada tiga pertandingan kompetitif di awal musim ini menjadi start terburuk sepanjang karir entrenador Real Jose Mourinho. Apabila bermain dengan cara yang sama seperti melawan Getafe, maka mereka berpotensi dipermalukan.
   
Tentu saja Mourinho tidak mau Real hanya bisa meratap ketika rival abadinya Barcelona merayakan gelar Piala Super di Santiago Bernabeu. Mourinho butuh kemenangan untuk mengakhiri rekor start buruknya, meski mulanya dia menyatakan Piala Super bukan targetnya.
   
"Kalau kami bermain seperti melawan Getafe, maka akan menjadi masalah saat melawan Barcelona. Harus ada perbaikan kami lakukan dan mulai merebut kemenangan," jelas Mourinho, kepada Marca, seperti dikutip Goal.
   
Dari segi skuad, Real tidak punya masalah. Tidak ada pemain yang cedera atapun terkena skorsing. Bek tengah asal Portugal Pepe yang sempat cedera kepala akibat bertabrakan dengan kiper Iker Casillas pada jornada pertama melawan Valencia (19/8) sudah pulih.
   
Kembalinya Pepe membuat Raul Albiol harus kembali ke bangku cadangan. Selama ini, Pepe merupakan sosok penting di pertahanan Real. Bahkan, dalam beberapa edisi el clasico, bek asal Portugal itu sempat dimainkan sebagai gelandang bertahan.
   
Dia dan Fabio Coentrao dianggap sebagai pemain yang bisa mematikan pergerakan Lionel Messi. "Kondisi saya sudah membaik dan siap kembali ke lapangan. El clasico selalu memberikan suntikan semangat," kata Pepe.
   
Di lini tengah, Real mendapat suntikan tenaga dengan bergabungnya Luka Modric. Gelandang kreatif asal Kroasia itu berpeluang duduk di bench pemain Real dini hari nanti. "Rasanya hebat bisa membela klub besar seperti Real, saya tidak sabar untuk mendapat kepercayaan," kata Modric.
   
Dari Barcelona, rekrutan anyar mereka Alex Song juga berpotensi menjalani debutnya dari bangku cadangan. Xavi Hernandez dan Pedro Rodriguez yang pada pertandingan sebelumnya di jornada kedua Primera Division melawan Osasuna hanya turun sebagai pengganti, bakal kembali mengisi posisi starter.
   
Bentrok el clasico kali ini cukup istimewa buat Barcelona. Sebab, dalam 221 pertandingan kompetitif di el clasico, mereka sudah memenangkan 87 pertandingan, sama banyak dengan Real. Bila menang, maka untuk kali pertama dalam 80 tahun, mereka mengungguli Real secara head to head.
   
"Kami tidak peduli dengan rekor. Melawan Real selalu membuat kami bersemangat. Apalagi kami akan bermain di Bernabeu, kami sangat ingin merebut gelar itu di markas mereka. Sangat hebat rasanya," bilang Dani Alves, bek Barcelona.
   
Barcelona selalu menjuarai Piala Super dalam tiga musim terakhir, mereka ingin melanjutkan cerita sukses itu. Musim lalu dominasi mereka di Primera Division telah berakhir, dan mereka tidak ingin mengulanginya. "Ini saatnya bangkit dan melawan balik," kata Alves. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Termahal Kelima di Real Madrid

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler