Mou Intip Taktik Lawan

Rabu, 04 April 2012 – 11:33 WIB

RIVALITAS Real Madrid dengan Barcelona membuat seringkali kedua tim dikaitkan, di ajang apapun. Di Liga Champions, mereka tidak mungkin bertemu sebelum final, tetapi beberapa media tetap saja mencoba mengorek potensi perseteruan kedua klub.

Di Liga Primera, Real sementara unggul. Setelah tiga musim terakhir selalu dikangkangi Barcelona, musim ini Real berpeluang mengakhiri dominasi rival abadinya itu. Real sudah menapakkan satu kaki di semifinal dan Barcelona harus melewati AC Milan dini hari tadi.

Nah, dini hari tadi ada dua pertandingan Liga Champions, selain Barcelona versus Milan ada juga Bayern Munchen melawan Olympique Marseille. Pertandingan mana yang wajib ditonton entrenador Jose Mourinho?

"Barcelona versus Milan merupakan pertandingan paling penting dan seru di perempat final, tetapi itu bukan pertandingan yang akan saya tonton. Saya lebih memilih pertandingan satunya," bilang Mourinho, kepada El Mundo Deportivo.

Alasan Mourinho jelas, yang berpotensi menjadi lawan mereka berikutnya adalah Bayern atau Marseille. "Mereka adalah calon lawan kami berikutnya. Tentu saja, itu menjadi pertandingan yang jauh lebih menarik bagi saya," jelas mantan pelatih Inter Milan itu.

Musim ini Bayern memang agak labil di kompetisi domestik, mereka tertinggal dari pesaing utamanya Borussia Dortmund. Tetapi, sejak winger asal Belanda Arjen Robben pulih, performa Bayern menanjak. Mereka lolos ke perempat final dengan agregat meyakinkan 7-1 atas FC Basel.

Pertarungan Bayern kontra Marseille akan dimanfaatkan Mourinho untuk mempelajari pola permainan yang diterapkan Jupp Heyckes, pelatih Bayern. Juga mempelajari dengan seksama cara para pemain Bayern berreaksi saat menyerang maupun bertahan.

Biasanya, Heynckes memakai skema 4-2-3-1 sebagai andalan dengan menggunakan Mario Gomez sebagai striker tunggal. Kemudian, Thomas Mueller menjadi penyerang lubang yang akan ditemani Robben dan Franck Ribery dari sisi sayap.

Potensi absen beberapa pemain Bayern karena akumulasi kartu kuning juga menjadi perhatian Mourinho. Beberapa klub asal Bavaria itu memang dalam posisi terancam, seperti Mueller, Philipp Lahm, Toni Kroos, Luiz Gustavo, dan David Alaba. Bila ada yang terkena kartu kuning lagi, maka potensi kekuatan Bayern akan terreduksi. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Madrid Tetap Turunkan Skuad Terkuat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler