Mou Persilakan Kaka Pergi

Rabu, 25 Juli 2012 – 11:04 WIB
MADRID - Sejak bergabung ke Real Madrid pada 2009, Kaka belum kembali ke performa terbaiknya. Rentetan cedera lalu ditambah dengan semakin ketatnya persaingan di lini tengah Los Blancos, julukan Real, membuat Kaka kehilangan posisi.

Musim lalu, pemain terbaik dunia 2007 itu memang tampil sebanyak 26 pertandingan di Liga Primera Spanyol, tetapi lebih banyak sebagai pemain pengganti. Kaka kalah bersaing dengan Mesut Oezil di posisi playmaker Real.

Penegasan akhirnya diberikan entrenador Real Jose Mourinho kepada Kaka. Tactician asal Portugal itu mempersilakan Kaka untuk angkat kaki dari Real karena pada musim ini kesempatan bermain untuknya semakin sedikit ketimbang sebelumnya. Itu diungkapkan dalam pertemuan antara Kaka, Mourinho, dan direktur umum Real Jose Angel Sanchez.

Selain karena tetap mengandalkan Oezil, Mourinho juga berambisi mendatangkan Luka Modric. Artinya, Real memiliki tiga playmaker dengan kemampuan hebat. Oezil bisa digeser ke sayap kanan dan Modric mengisi posisi playmaker, lalu bagaimana dengan Kaka?

Sikap Mou, sapaan Mourinho, yang membolehkan Kaka pergi karena tingginya gaji gelandang serang asal Brazil itu. Di Real, dia dibayar 10 juta euro atau setara Rp 114 miliar pertahun. Gaji yang terlampau tinggi untuk pemain cadangan.

Masalahnya, kalau pun harus angkat kaki dari Santiago Bernabeu, Real kesulitan mencari klub yang bisa memenuhi gaji Kaka. Paling hanya Manchester City atau Paris Saint Germain (PSG) yang mampu memenuhi permintaan gaji Kaka.

Klub lain yang berminat kepada Kaka, seperti AC Milan akan kesulitan membayar gajinya. Setidaknya Kaka harus memotong gajinya sekitar 40-50 persen agar bisa dipenuhi Milan. Saat ini, City dan PSG tidak menunjukkan ketertarikan seperti musim sebelumnya.

Kaka mengisyaratkan siap hanya digaji 6 juta euro (Rp 68,6 miliar) pertahun. Namun, Milan juga masih merasa terlalu berat bila harus menebus Kaka dengan harga 25 juta euro (Rp 285,9 miliar). Apalagi pada usianya yang sudah mencapai 30 tahun.

Milan kemungkinan akan mengajukan opsi pinjaman, tetapi Real bakal menolaknya. Sebab, tidak begitu menguntungkan buat mereka. "Dia menyakini Inggris menjadi destinasi terbaik buatnya. Ada klub Brazil seperti Sao Paulo yang berminat, tetapi mereka tidak akan sanggup memenuhi gaji dan transfernya yang setinggi langit," ujar sumber dari dalam Real, seperti dilansir Daily Mirror.

Selain Milan, PSG, dan City, klub asal London Chelsea merupakan peminat lama Kaka. Hanya, sekarang kebijakan The Blues, julukan Chelsea, sedikit berbeda. Mereka lebih suka mendatangkan pemain muda ketimbang pemain senior. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jenuh Sikap Pemain ISL

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler