MPV Baru yang Mencuri Perhatian pada 2018

Senin, 10 Desember 2018 – 18:09 WIB
Seri Wuling Confero dan Cortez di GIIAS Medan 2018. Foto: Wuling

jpnn.com, JAKARTA - Tidak terasa tahun 2018 akan segera berakhir. Beberapa mobil telah resmi diluncurkan pada tahun ini dan sukses mencuri perhatian masyarakat.

Munculnya varian baru bikin pasar mobil kian kompetitif, dan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) masih tetap merajai pasar Indonesia. Kami merangkum tiga mobil di kelas MPV yang mendapatkan sambutan baik di pasar Indonesia.

BACA JUGA: Libur Akhir Tahun, All New Ertiga Pilihan Cerdas

Wuling Cortez

Setelah diperkenalkan pada 2017 lalu, Wuling Motors Indonesia akhirnya resmi meluncurkan mobil multi purpose vehicle (MPV) terbarunya, Wuling Cortez pada Februari 2018.

BACA JUGA: All New Ertiga Didaulat Sebagai Pendatang Baru Terbaik

Secara desain, Wuling Cortez mengadopsi teknologi pencahayaan LED degan fitur Follow Me Home, plus pengaturan ketinggian lampu (Auto Leveling Headlamp).

Wuling Cortez diposisikan sebagai middle MPV yang hadir dalam dua tipe yakni tipe C dan tipe L. Kedua tipe dibekali mesin bensin 4 silinder in-line DOHC, VVT-i berkapasitas 1,798cc dengan tenaga 129 Hp dan torsi 174 Nm.

BACA JUGA: Akhir Tahun, Beli All New Ertiga Terima Banjir Hadiahnya!

Soal harga, Wuling menawarkan mulai dari Rp 218 juta untuk tipe C dan Rp 264 juta untuk tipe L Cortez i AMT.

Suzuki All New Ertiga

Memanfaatkan ajang IIMS 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan All-new Ertiga. Mobil yang masuk di segmen Low MPV mengalami ubahan yang signifikan dari semua sektor.

Secara dimensi, Suzuki All new Ertiga memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Tampilannya memang perubahan cukup signifikan, seperti gril dengan kisi-kisi lebih rapat yang dibalut krom, kemudian lampu utama ikut direvisi jadi lebih pipih, serta cangkang pada bagian fog lamps.

Rombakan juga terjadi pada bagian samping dengan garis tegas yang memanjang dari depan hingga buritan. Melangkah ke belakang memang perubahan mencolok terlihat pada lampu yang kini mirip memiliki desain memanjang kemudian menyiku.

Untuk jantung pacu, All-new Ertiga dibekali mesin terbaru yaitu seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) yang menawarkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Soal harga, Suzuki All-new Ertiga ditawarkan mulai dari Rp 139 juta sampai Rp 238,5 juta.

Mitsubishi Xpander GLS

Setelah sukses menggeser Toyota mobil sejuta umat, Toyota Avanza. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan tambahan varian untuk Xpander, meliputi varian Sport M/T yang sebelumnya hanya tersedia varian A/T dan juga GLS A/T yang sebelumnya hanya tersedia varian GLS M/T.

Selain penambahan tipe transmisi yang lengkap, Mitsubishi Xpander juga mendapat penyegaran warna baru yaitu Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport.

Pilihan warna baru semakin melengkapi pilihan warna sebelumnya Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic dan
Red Metallic.

Dari segi tampilan, Xpander punya desain keren yang mendobrak pakem desain MPV pada umumnya. MPV tiga berlian itu dapat disebut-sebut dapat meninggalkan Toyota Avanza dalam hal penjualan.

Soal harga, Mitsubishi menawarkan dua varian dengan harga yang berbeda yaitu untuk tipe GLS AT Rp 228.600.000 dan untuk tipe GLS MT ditawarkan dengan harga Rp 217.600.000. 

Wuling Formo Minibus

Jelang akhir tahun, Wuling ternyata menambah portofolio MPV mereka yakni Formo. Model anyar ini digadang untuk bermain di segmen minibus dengan daya angkut mencapai 7-8 penumpang. 

Wuling Formo yang berbanderol Rp 136,8 juta ditenagai mesin 1.200 cc yang menghasilkan 77 Hp pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 110 Nm pada rentang 3.600-4.600 rpm.

Wuling Formo membawa kenyamanan layaknya sebuah MPV. Mulai dari electric power steering, power window, meter clustre MID, AC dan head unit. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mobil Mungil Suzuki, Kece Diajak Adventure


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler