Mswati III, Raja dengan 1,3 Juta Rakyat Miskin Ini Pesan 19 Rolls Royce

Kamis, 21 November 2019 – 20:41 WIB
Ilustrasi Rolls Royce Cullinan. (Foto: Rolls Royce/jpnn)

jpnn.com - Raja Eswatini (Swaziland), Mswati III. Orang nomor satu di negara Afrika yang rata-rata penduduknya miskin ini, tidak lantas memaksanya untuk menunjukkan hidup sederhana. Diketahui, ia baru saja menambah koleksi mobil mewahnya sebanyak 19 unit Rolls Royce.

Diduga, sang Raja yang menganut poligami ini menghabiskan dana sebesar £13 juta atau sekitar Rp 235 miliar.

BACA JUGA: Kaisar Jepang Pensiunkan Rolls Royce Setelah 30 Tahun Menemani

Melansir Daily Mail, Selasa (20/11), koleksi raja yang memiliki 15 istri dan 23 anak ini diungkap tokoh politik oposisi, Wandile Dludlu. Bahkan, foto pengiriman belasan Rolls Royce ini tersebar di media sosial Twitter.

"Minggu lalu (awal November), total 19 mobil Rolls Royce dikirim ke Swaziland untuk penggunaan eksklusif raja, ibu dan istrinya," kata Dludlu.

BACA JUGA: Rolls Royce Tidak Tertarik Mengembangkan Mobil Hybrid

Di antara armada Rolls Royce pesanan raja dari negeri yang tidak memiliki pantai itu terdapat Cullinan. SUV mewah ini dipesan secara personal sesuai dengan permintaan personalisasi raja.

BACA JUGA: Koleksi Spesial Rolls Royce Wraith Eagle VIII: Seperti Terbang di Malam Hari

Selain mobil-mobil buatan Goodwood, Inggris, Raja Mswati III diduga telah memesan 120 unit BMW.

Sumber-sumber di negara tersebut mengungkap, banyak sedan biru dan putih seri 540 dan SUV X3 dikirimkan.

Sang raja selama ini dikenal sebagai penggemar berat kendaraan mewah Jerman. Tak kurang dari 20 unit mobil tersimpan digarasi, antara lain Mercedes Maybach S600 Pullman, Maybach 62 dan BMW X6.

Dia juga memiliki sejumlah pesawat terbang. Terbaru, sang raja membeli jet pribadi di ulang tahun ke-50 dirinya pada tahun lalu, senilai USD 13,2 juta.

Belum diketahui apakah mobil-mobil tersebut dipesan langsung dari BMW Group, yang merupakan perusahaan induk Rolls Royce, atau dibeli melalui perantara. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler