Mudik Lebaran, KM Labobar Layani Rute Batam

Lonjakan Penumpang Baru Sekitar 5 Persen

Kamis, 26 Juli 2012 – 06:34 WIB

SORONG – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang mudik jelang hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah/2012 Masehi, PT Pelni mempersiapkan diri melayani penumpang angkutan laut, diantaranya menyiapkan tujuh kapal penumpang (Kapal putih) yang saat ini dalam keadaan optimal beroperasi.

“Tujuh kapal kita dalam keadaan optimal dan semuanya beroperasi, kita sudah dan selalu siap melayani penumpang,” kata Kepala PT Pelni Cabang Sorong, A.A.N Budi Tresnawan melalui Manager Usaha, Drs Adluwiyanto yang ditemui Radar Sorong di ruang kerjanya, Rabu (25/7).

Bahkan satu kapal yang melayani rute antar kota dan kabupaten serta kepulauan di Papua dan Papua Barat yakni KM Sabuk Nusantra juga siap melayani penumpang. Dengan jumlah armada yang beroperasi tersebut diyakini mampu mengangkut penumpang mudik dari arah timur menuju barat ini.

“Karena sesuai pengalaman, lonjakan penumpang dari wilayah timur tidak terlalu membludak dan masih mampu dilayani,” tuturnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya lanjut Adluwiyanto, satu kapal penumpang yang dioperasikan PT Pelni yang melayani rute pelayaran hingga ke Sumatera, dalam hal ini KM Labobar, direncanakan akan melayani rute ke Batam mengingat banyaknya penumpang mudik tujuan Sumatera baik itu dari wilayah Papua maupun dari Jakarta.

Lonjakan penumpang sendiri menurutnya akan dirasakan sekitar H-15 hingga H+15, hari-hari itu diperkirakan jumlah penumpang mudik mencapai puncaknya. Menghadapi arus mudik ini, pihak PT Pelni beberapa hari lalu telah menggelar rapat membahas teknis pelayanan arus mudik.

“Hasilnya, pelayanan seperti biasanya hanya ditingkatkan,”ungkap Adluwiyanto sembari menambahkan, kesiapan yang dimaksud terkait dengan penertiban di dermaga dan pengaturan rute kapal yang tidak mengalami perubahan kecuali kapal yang akan berlayar sampai Batam tersebut.

Untuk melayani pembelian tiket, selain dilayani di kantor Pelni, calon penumpang juga dapat membeli di travel-travel. “Kita juga tetap menyiapkan petugas untuk melayani pembelian tiket di dermaga pelabuhan Sorong,” pungkasny.(reg)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Mudik, 700 Bus Dikerahkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler