Muhaimin Klaim Kesadaran K3 Meningkat

Kamis, 02 Mei 2013 – 22:40 WIB
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengklaim tingkat kesadaran para pengusaha di Indonesia soal pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaannya dari tahun ke tahun terus meningkat.

Hal ini tercermin dari meningkatnya jumlah perusahaan yang menerima penghargaan zero accident (kecelakaan kerja nihil) dan Sistem Manajemen K3 (SMK3) tahun 2013, yang diberikan kepada 911 perusahaan.

Jumlahnya meningkat sekitar 24  persen dibanding tahun 2012 yang jumlah perusahaan nya mencapai 734 perusahaan.

Sedangkan penghargaan SMK3  tahun ini diberikan kepada 304 perusahaan dibanding tahun 2012 sebanyak 254 perusahaan sehingga kenaikannnya mencapai 19 persen.

“Para pengusaha dan Pekerja harus mengerti, memahami dan menerapkan standar dan norma keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja agar mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, “ Kata Muhaimin Iskandar di Jakarta, Kamis (2/5).

Sebelumnya, pada Jumat( 30/4) lalu, Menakertrans  memberikan penghargaan Zero accident kepada 911 perusahaan dan penghargaan SMK3 kepada 304 perusahaan. Sementara itu penghargaan bagi pembina K3 untuk tingkat pimpinan pemerintah daerah (Pemda) berhasil diraih oleh 14 gubernur dan 22 bupati/walikota.

Muhaimin menyebutkan, penghargaan kecelakaan nihil diberikan karena dalam jangka waktu minimal 3 tahun tidak terjadi kecelakaan di tempat kerja sehingga dapat menekan kerugian-kerugian akibat kecelakaan.

Nah, penerima penghargan SMK3 telah berhasil menerapkan K3 secara terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usut BLBI, Bingung Periksa Siapa Lagi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler