Muktamar Belum Digelar, Pemilihan Ketum PKB Sudah Kelar

Jumat, 05 Juli 2019 – 00:16 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Hampir bisa dipastikan, Muhaimin Iskandar akan kembali terpilih sebagai ketum PKB pada Muktamar 20 Agustus mendatang.

Wasekjen DPP PKB Daniel Johan mengatakan, pada Senin (1/7) lalu pihaknya menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) DPW PKB se-Indonesia. Pertemuan itu membahas persiapan muktamar yang akan digelar pada 20 Agustus mendatang. ”Muktamar akan kita laksanakan di Bali,” terang dia.

BACA JUGA: PKB Usulkan 10 Menteri, PDIP: Kami Tak Mau Menambah Beban Pak Jokowi

Dalam Rakornas, 34 DPW PKB yang hadir ternyata sudah memastikan dukungan kepada Muhaimin untuk kembali menjadi ketua umum. Mereka bahkan sudah menyerahkan dukungan secara tertulis.

Tidak ada satu pun DPW yang tidak memberikan dukungan kepada mantan menteri ketenagakerjaan itu. Sampai sekarang hanya Muhaimin yang menjadi calon ketum.

BACA JUGA: Semua DPW PKB Diklaim Sepakat Cak Imin Satu Periode Lagi

”Semua DPW solid. Semuanya sudah memberikan dukungan resmi,” ungkap anggota DPR RI itu saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (3/7).

Karena semua DPW sudah memberikan dukungan resmi, maka pada muktamar mendatang hanya tinggal mengesahkan Muhaimin sebagai ketua umum yang baru. Tidak ada lagi pemilihan ketua umum, karena sudah disepakati dalam rakornas. Jadi, ucap dia, pemilihan ketua umum sudah selesai.

BACA JUGA: Cak Imin Ajak Pengurus PKB Sowan Jokowi Bukan untuk Minta Jatah Menteri

BACA JUGA: Beredar Surat Minta Jokowi Angkat Adian Napitupulu jadi Menteri

Menurut Daniel, para pengurus DPW menganggap Muhaimin masih sebagai sebagai kader terbaik PKB. Prestasinya juga terbukti. Setiap pilpres, calon yang didukung Politikus asal Jombang itu menjadi pemenang. Di setiap pileg, suara PKB juga konsisten naik, termasuk Pileg 2019.

Daniel menambahkan, karena pemilihan ketua umum sudah selesai, maka muktamar di Bali akan fokus pada dua agenda. Yaitu merumuskan perjuangan politik PKB dan menyusun rekomendasi. Menurutnya, arah perjuangan politik PKB adalah penguatan sumber daya manusia (SDM). Turunan dari SDM adalah pendidikan. Khususnya, pendidikan pesantren.

Rumusan perjuangan politik PKB juga diarahkan untuk menghadapi Pemilu 2024. Semua partai berkewajiban untuk menyiapkan kadernya menjadi pemimpin tertinggi negara, termasuk PKB. “Doa seluruh kader, 2024 PKB punya presiden,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Jawa tengah Yusuf Chudlori menghakui pihaknya secara resmi mendukung Muhaimin. Sebab, perolehan yang dicapai pada pemilu kali ini naik secara signifikan. Maka, DPW se-Indonesia sepakat mengusung Muhaimin sebagai ketum lagi.

BACA JUGA: Pembina Honorer Sebut 6 Tokoh Ini Layak jadi MenPAN RB

”Demi menjaga kesolidan untuk kesuksesan 2024, kami kembali meminta kesediaan Cak Imin menjadi ketua umum,” ucapnya. (lum/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cak Imin Tak Berminat Jadi Anak Buah Jokowi, Ini Jabatan yang Diincarnya


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler