Mulyadi Edukasi Pelaku UMKM Agar Bisa Berkembang

Rabu, 04 Maret 2020 – 14:14 WIB
Anggota DPR Mulyadi di Suguntur Muda. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, SUMATERA BARAT - Keseriusan Anggota DPR Mulyadi untuk memajukan Sumatera Barat (Sumbar) sudah tak perlu diragukan.

Salah satu yang dia lakukan yakni mengedukasi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa mengembangkan hasil produk.

BACA JUGA: Mulyadi Ingin Wisata Pantai di Sumbar Jadi Unggulan

Menurutnya, saat ini sektor usaha kreatif mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat dan daerah.

Meski begitu menurut Mulyadi, masih banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya terkait pengemasan produk.

BACA JUGA: Masyarakat Lima Puluh Kota Ingin Mulyadi jadi Gubernur Sumbar

"Sektor UMKM saat ini mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat Sumbar. Karena itu kami akan terus mengembangkan sektor tersebut, agar mampu menjadi penghasilan andalan masyarakat," jelas Mulyadi.

Hal yang harus kita perhatikan, sambung Mulyadi adalah kualitas dari produk itu sendiri.

BACA JUGA: Seperti ini Sosok Mulyadi di Mata Tokoh Masyarakat Sumbar

"Jangan sampai kualitas produk usaha kita tidak bisa masuk pasar karena kendala-kendala yang seharusnya bisa kita atasi, seperti cara pengemasannya," imbuhnya.

Calon Gubernur (Cagub) Sumbar tersebut, juga mengatakan bahwa usaha kreatif masyarakat Ranah Minang bisa menjadi sangat berkembang, dengan catatan jika kemasan produk yang dihasilkan menarik.

Mulyadi tidak ingin produk yang dihasilkan dari usaha masyarakat itu disajikan dengan ala kadarnya.

"Pengemasan produk sangat penting. Oleh karena itu, ke depan kita akan berikan pelatihan kepada para pelaku usaha agar mampu mengemas produk jualnya menjadi lebih menarik dan bisa mengundang minat para pembeli," tuturnya.

Anggota Komisi III DPR ini juga mengatakan bahwa untuk mengembangkan usaha kreatif, masyarakat harus dapat menyelaraskan dengan era digitalisasi yang ada.

"Satu hal yang juga tidak boleh kita lupakan dan menurut saya ini juga bagian terpenting untuk mengembangkan produk UMKM, yaitu mengakselerasikan produk dengan perkembangan zaman yang sudah serba digital. Ini bisa kita manfaatkan sebagai media promosi agar informasi tentang produk kita bisa diketahui secara luas," pungkas Mulyadi.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler