Muncul Nama Buya Zul Elfian dalam Bursa Pilgub Sumbar, Ini Analisis Pengamat

Senin, 01 Juli 2024 – 07:10 WIB
Pengamat politik Rangkiang Institute Agil Angriyansyah menilai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2024 bakal makin menarik. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Rangkiang Institute Agil Angriyansyah menilai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat 2024 bakal makin menarik.

Sebab, ada penantang yang kompetitif terhadap Gubernur Incumbent, Buya Mahyeldi Ansharullah. 

BACA JUGA: Projo: Petahana Tidak Akan Pernah Menang di Pilgub Jakarta, Sindir Anies?

Menurut Agil, Buya Mahyeldi memang masih berada di peringkat pertama dalam banyak survei Pilgub Sumbar.

Karena itu, butuh penantang yang kompetitif terhadap petahana. 

BACA JUGA: Ada Partai yang Usul Pj Gubernur DKI Heru Budi Maju Pilgub Jakarta

"Menurut saya, Buya Zul Elfian yang saat ini menjabat sebagai Walikota Solok masuk kriteria sebagai kompetitor Buya Mahyeldi dalam Pilgub Sumbar tahun ini," ujar Agil.

Selain itu, Agil mengatakan Buya Zul Elfian benar-benar maju, Pilgub Sumbar 2024 akan menjadi yang paling menarik. 

"Karena, akan ada kompetisi antar sesama Buya. Istilahnya Buya versus Buya, antara Buya Mahyeldi dan Buya Zul," jelasnya.

Agil melanjutkan Buya Zul Elfian telah dua periode menjadi Wali Kota Solok sehingga, secara peraturan perundang-undangan, ia sudah tidak bisa maju lagi dalam Pilwalkot Solok.

"Jalan politik selanjutnya bagi Buya Zul adalah ya maju dalam Pilgub Sumbar. Ia juga kader Partai Nasdem, sehingga urusan tiket pencalonan tidak menjadi persoalan. Secara kapasitas dan rekam jejak sudah tidak diragukan lagi. Capaian pembangunan infrastruktur di Kota Solok berkembang cukup pesat di bawah kepemimimpinan beliau," terang Agil. 

Apabila terjadi kompetisi Buya versus Buya dalam Pilgub Sumbar 2024, Agil berharap keduanya didampingi oleh anak muda sebagai calon wakil gubernur.

"Harus ada regenerasi politik di Sumbar. Apalagi, Sumbar punya stock anak muda yang sangat potensial untuk menyongsong kepemimpinan Sumbar ke depannya. Terlebih sudah ada nama anak-anak muda yang muncul ke publik dalam pilgub tahun ini," kata Agil. 

Adapun anak-anak muda yang potensial untuk maju dalam Pilgub Sumbar 2024 ini antara lain Audy Joinaldy (Wagub Petahana), Fadly Amran (Walikota Padang Panjang), Vasco Ruseimy (Politisi Gerindra), dan Raihan Ariatama (Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam).(mcr10/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pilkada   pilwalkot   Pilgub   sumbar  

Terpopuler