Mural Buatan Anak Muda Ikut Sambut Kepulangan Jokowi di Solo

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 14:37 WIB
Mural karya anak muda Solo menghiasi Jalan Slamet Riyadi menyambut kepulangan Jokowi. Foto: source for jpnn.com

jpnn.com, SOLO - Sejumlah anak muda ikut menyambut kepulangan Presiden Joko Widodo ke kampung halamannya di Solo.

Para anak muda itu menghiasi dinding pertokoan di Jalan Slamet Riyadi dengan mural yang menampilkan berbagai capaian 10 tahun pemerintahan Jokowi.

BACA JUGA: Ganjar Untuk Semua Hadirkan Ruang Mural dan Grafiti Untuk Seniman Muda

“Mural ini memotret visi aksi Jokowi yang bisa dilihat secara langsung,” ujar Zidan Khadafi, salah satu penggagas karya tersebut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/10).

Dia menjelaskan pihaknya memilih Jalan Slamet Riyadi karena dikenal sebagai salah satu pusat berkumpulnya anak muda dan merupakan jalur paling strategis di Solo.

BACA JUGA: Dukung Anak Muda Berkarya, TKRPP-PDIP Bikin Kompetisi Mural

“Kami berharap ketika beliau pulang dari Jakarta, bisa melihat karya ini,” lanjutnya.

Dia menjelaskan mural yang membentang sepanjang 10 meter dengan tinggi 2,5 meter itu menggambarkan beragam pencapaian monumental seperti pembangunan jalan tol, kereta cepat, smelter, dan keberhasilan Indonesia mengakuisisi saham Freeport.

BACA JUGA: Jokowi Terbitkan Aturan Jaminan Kesehatan untuk Menteri Purnatugas, Pakai APBN

Khadafi menjelaskan karya ini menyuarakan semangat dan apresiasi terhadap pembangunan bangsa selama dua periode pemerintahan Jokowi.

“Selain sebagai karya seni, mural ini juga menjadi ruang bagi kreativitas dan bentuk partisipasi anak muda dalam memotret perjalanan bangsa,” kata dia.

Selain itu, pemerintah Kota Solo juga mempersiapkan rangkaian penyambutan untuk Jokowi, termasuk pemasangan spanduk, baliho, dan videotron. 

Warga Solo dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan aparatur sipil negara (ASN) akan ikut menyambut iring-iringan Jokowi di sepanjang rute dari Bandara Adi Soemarmo menuju kediamannya di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Jokowi dijadwalkan pulang ke kampung halamannya usai menghadiri prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di Jakarta pada 20 Oktober. 

Setelah acara pisah sambut di Istana Negara, dia akan langsung menuju Solo untuk memulai babak baru kehidupannya di kampung halaman. (mcr8/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Organisasi Relawan Gelar Tasyakuran dan Doa Bersama Menjelang Transisi Pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler