Musisi Sampai Menteri Puji Prambanan Jazz

Selasa, 22 Agustus 2017 – 03:26 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno dan CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi di Prambanan Jazz Festival 2017. (Istimewa for Jawapos.com)

jpnn.com - Rangkaian Prambanan Jazz Festival 2017 akhir pekan kemarin menjadi tontonan berbagai kalangan. Tidak hanya kaum muda, acara yang digelar di kawasan Candi Prambanan, Jogjakarta itu juga dihadiri oleh sejumlah menteri, pejabat, dan tokoh kenamaan negeri ini.

Menteri yang hadir demi Prambanan Jazz Festival 2017 adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

BACA JUGA: Promotor Prambanan Jazz Festival Ngarep Afgan Manggung Lagi Tahun Depan

Sementara pejabat dan tokoh kenamaan lain ikut hadir seperti Dirut BTN Maryono, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BNI Achmad Baiquni, dan Dirut Telkom Alex J Sinaga. Ada juga Marwan Jafar yang merupakan mantan menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Yenny Wahid, dan lainnya.

Menteri Rini Soemarno mengaku kagum atas terlaksananya Prambanan Jazz Festival 2017. Menurutnya event ini punya banyak manfaat. Selain bidang kesenian, acara yang diadakan Rajawali Indonesia Communication itu juga bisa memberi sumbangsih untuk perkembangan pariwisata serta sektor ekonomi.

BACA JUGA: Tampil di Prambanan Jazz, Afgan Kecewa Artis Lokal Kurang Dihargai

"Kegiatan Prambanan Jazz ini sangat bagus. Harus dikembangkan dan diperluas demi mendukung wisata. Industri wisata harus terus digalakkan karena salah satu sumber penerimaan negara," kata Menteri Rini.

Datang pada hari kedua, Menteri Rini terlihat berjalan santai menikmati suguhan musik dan pemandangan kawasan Candi Prambanan. Salah satu perform yang diikutinya dengan utuh yakni penampilan Sarah Brightman.

BACA JUGA: Ini Para Penampil Prambanan Jazz Festival Hari Kedua

Selain itu dia juga ikutan menyambangi stan-stan yang menampilkan produk UKM serta Pasar Kangen. "Saya datang sebagai bentuk dukungan, sekaligus saya mau lihat juga acara Prambanan Jazz Festival ini populer atau tidak. Ternyata sangat populer," jelas Rini.

"Sebenarnya Bu Rini jam setengah 10 (malam) harus pergi karena ada urusan. Tapi ternyata beliau justru nonton Sarah Brightman hingga selesai. Itu kan artinya dia suka," ucap CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi.

Seperti diketahui, Prambanan Jazz Festival 2017 selesai dilaksanakan akhir pekan kemaren di kawasan Candi Prambanan, Jogjakarta. Meski sempat mengalami 'ngaret', acara ini berjalan meriah.

Hari pertama Prambanan Jazz Festival 2017 menyuguhkan konsep spesial yakni 90's Moment. Pengisi acara yang hadir yakni musisi yang populer di era tahun 1990-an. Seperti, Emerald Bex, Andre Hehanusa, Katon Bagaskara, T-Five, Base Jam, Emerald, Lingua, Ada Band, The Groove, Ipang, Shakey, Rif, Ada Band, Shaggydog, dan lainnya.

Rieka Roslan sebagai vokalis The Groove mengaku takjub dengan konsep yang akan dihadirkan di hari pertama. Sebab penyelenggara bisa mengumpulkan grup dan musisi yang tumbuh dari 90an.

"Ini keren banget. Kita juga jadi nostalgia," ucapnya.

Selain musisi 90an, hari pertama Prambanan Jazz Festival 2017 juga dimeriahkan musisi luar negeri yakni band fenomenal Shakatak serta penyanyi Shane Filan dari Westlife.

Shakatak sukses dengan penampilan memukau selama 1 jam 30 menit. Sementara Shane Filan berhasil membawa nostalgia indah lewat tembang-tembang Westlife.

Bila hari pertama pengunjung disajikan tema 90's Moment, pada hari kedua penonton Prambanan Jazz Festival 2017 dihibur segudang musisi ternama. Bukan hanya musisi jazz tapi juga dipadukan dengan musisi pop maupun rock.

Venue yang terletak di kawasan Candi Prambanan, Jogjakarta dari sore hingga malam dimeriahkan oleh NAIF, Saxx In The City, Yura Yunita, The Overtunes, Kunto Aji, Rio Febrian, Marcell, dan Afgan.

Sedangkan untuk spesial show dimeriahkan oleh penampil utama yakni Sarah Brightman. Peraih nominasi Grammy Award dan 200 penghargaan platinum dunia itu tampil menakjubkan lewat live orchestra. Meskipun pada pertengahan penampilan sempat terhenti beberapa menit.

Hari ketiga Prambanan Jazz Festival 2017 tampak lebih ramai dari dua hari sebelumnya. Ribuan penonton sudah memadati venue sejak siang untuk menanti NDX AKA, Hivi, Stars and Rabbit, dan Payung Teduh.

Pada malam harinya, semua dihibur Sandhy Sondoro, Tompi, Syaharani, Kahitna, dan Yovie & Nuno. Festival show Britama stage ditutup oleh Glenn Fredly yang tampil sangat enerjik. Sedangkan panggung spesial show menampilkan aksi Raisa dan Isyana, serta Kla Project.

"Senang main lagi di Prambanan Jazz Festival, dulu sama Trio Lestari sekarang sendiri. Penonton tahun ini lebih banyak, sing a long, dan seru," ucap Sandhy Sondoro.

"Festival ini keren banget konsepnya, mengajak orang-orang mengenal musik dan budaya. Visualnya indah banget," tambahnya.

Selama tiga hari penyelenggaraan, Prambanan Jazz Festival 2017 mampu menyedot lebih dari 32 ribu penonton. (ded/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Larut dalam Nostalgia di Prambanan Bersama Katon Bagaskara


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler