Myanmar Tahan Imbang Vietnam 1-1

Sabtu, 24 November 2012 – 20:12 WIB
BANGKOK - Myanmar membuktikan diri sebagai tim yang tidak bisa dianggap remeh di kawasan Asia Tenggara setelah mampu menahan imbang Vietnam pada pertandingan perdana AFF Cup Grup B di Rajamangala National Stadium Bangkok, Sabtu (24/11).

Tampil sebagai unggulan, Vietnam bermain dengan penuh beban. Pada 15 menit pertama, Vietnam mendominasi permainan lewat permainan permainan pendek cepat.

Baru 5 menit babak pertama berjalan, Vietnam sudah mendapatkan peluang lewat Quoc Anh. Mengandalkan kecepatakan berlari, Quoc Anh memberi umpan ke areal kotak pinalti Myanmar. Sayang umpannya gagal dimanfaatkan Van Hoan.

Semenit kemudian, Myammar kembali memperoleh peluang. Umpan umpan silang ke kotak penalti disambut tendangan setengah voli Nguyen Thanh Hung. Kali ini bola menyamping tidak jauh dari target.


Myammar baru bisa mengimbangi Vietnam selepas 15 menit babak pertama berjalan. Menit 18, Kyi Lin menyisir sisi lapangan untuk kemudian mengirimkan umpan silang yang gagal digapai Yan Paing.

Di tengah kepercayaan diri tinggi pemain Myammar, Vietnam memberi kejutan di menit ke-34. Eksekusi tendangan bebas Thanh Huong disambar tandukan kepala Tan Tai untuk menjebol gawang Myanmar.

Gol ini membuat beban pemain-pemain Vietnam untuk memenangkan pertandingan terasa berkurang. Sayang hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan untuk Vietnam.

Pada babak kedua, Myanmar langsung membuat perubahan. Pelatih Myanmar Sung-Hwa Park mengeluarkan Phyo Ko Ko Thein dan memasukan  Zaw Zaw Oo. Sementara Vietnam memasukan Van Bien Nguyen untuk mengganti Van Phong Dao.

Perubahan yang dilakukan Myammar cukup berhasil. Pemain muda Myanmar Kyi Lin dilanggar di kotak pinalti Vietnam. Wasit Andre El Haddad tanpa ampun memberi hadiah pinalti untuk Myanmar. Sekadar catatan, Andre El Haddad adalah wasit yang mempimpin pertandingan saat Indonesia dicukur Bahrain 0-10.

Tendangan pinalti diambil langsung Kyi Lin. Dengan tenang, pemain yang layak dinobatkan sebagai Man of The Match itu mengubah skor menjadi 1-1.

Gol ini menghentakkan pemain-pemain Vietnam. Serangan demi serangan dilancarkan memanfaatkan kecepatan pemain-pemain sayap.

Menit ke-68, Vietnam nyaris kembali unggul. Gerakan memutar Quoc Anh mengelabui pemain bertahan Myanmar. Sayang tendangan kerasnya hanya menghantam mistar gawang.

Myammar tidak mau kalah. Menit ke-71 giliran mereka yang nyaris unggul. Dari sebuah situasi situasi one-on-one, tendangan Kyi Lin masih bisa diselamatkan Hong Son.

Di sisa pertandingan kedua kesebelasan terus melancarkan serangan. Sayang hingga 2 x 45 menit berakhir, skor tetap 1-1. (abu/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... David Beckham Anggap LA Rumah Sendiri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler