Nadeo Ungkap Kunci Keberhasilan Menepis Penalti Striker Singapura, Ternyata

Senin, 27 Desember 2021 – 04:59 WIB
Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata. Foto: AFF Suzuki Cup.

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu momen kunci keberhasilan Timnas Indonesia mengalahkan Singapura ialah saat Kiper Nadeo Argawinata berhasil menepis penalti striker Singapura Faris Ramli pada menit ke-90, Sabtu (25/12) malam.

Saat itu, skor sedang imbang 2-2 dan Indonesia tertekan. Jika penalti tersebut masuk, sangat sulit bagi Indonesia membalas.

BACA JUGA: Semoga Kejadian Pilu di Bandung Tidak Terjadi Lagi

Tetapi, penyelamatan Nadeo Argawinata membuat bola keluar dan hanya menghasilkan corner kick.

Setelah itu, di babak tambahan waktu, mental pemain Indonesia membaik. Bukan hanya percaya diri, Skuad Garuda juga termotivasi menjebol gawang Singapura dengan cepat.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Masuk Final Piala AFF, Baim Wong Siap Terbang ke Singapura

Hasilnya, dua gol tercipta di extra time, gol bunuh diri pemain Singapura menit ke-91 dan gol Egy Maulana Vikri pada menit ke-105.

Kiper asli Kediri itu merasa bersyukur membawa Skuad Garuda melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menang 4-2 lawan Singapura di leg 2 semifinal.

BACA JUGA: Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020: Duel 2 Negara yang Terkena Sanksi WADA

Ternyata, kemampuan Nadeo membaca arah sepakan Faris Ramli karena sempat mempelajari cara pemain Singapura menyepak bola. 

"Sebelum pertandingan saya belajar cara penendang Singapura saat mengeksekusi sepakan. Alhamdulillah, Ini karena teman-teman juga," katanya di situs PSSI.

Selain belajar, Kiper Bali United tersebut juga mengikuti perasaannya dengan mantap.

"Feeling juga, dia menendang ke sana. Bisa dikatakan ada beruntung, kadang sepak bola butuh keberuntungan," ungkapnya.

Di partai final, Indonesia akan berjumpa dengan Thailand. Kiper 24 tahun tersebut menilai baik Thailand maupun Vietnam sama bagusnya.

Karena belum berjumpa dengan Thailand, dia meyakini dengan status unggulan lawan harusnya membuat Indonesia tampil tanpa beban.

"Saya meminta suporter mendukung dan mendoakan timnas di final nanti agar kami bisa juara," harap suami dari Destiara Sari tersebut.

Laga final Indonesia vs Thailand akan digelar dalam dua pertemuan.

Leg 1 bakal dihelat pada 29 Desember dan leg 2 pada 1 Januari 2022. Semua pertandingan final bertempat di National Stadium. (dkk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler