Gus Miftah Merasa Dicatut Panitia Seminar Internasional Dukun

Sabtu, 20 Februari 2021 – 14:14 WIB
Tangkapan layar akun Gus Miftah terkait pencantuman namanya dalam flyer Seminar Internasional dukun. Foto: ngopibareng/ist

jpnn.com, JAKARTA - Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah protes pencantuman namanya dalam flyer Seminar Internasional bertema Dukun dan Perdamaian Dunia yang beredar baru-baru ini di media sosial.

Dalam flyer tersebut terdapat logo GP Ansor Banyuwangi, Matan Banyuwangi, dan Perdunu (Persatuan Dukun Nusantara). Gus Miftah merasa belum pernah dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara kegiatan itu. Protes ini disampaikan Gus Miftah melalui akunnya @gusmiftah di Instagram.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Pendiri Demokrat Berkumpul untuk Dongkel AHY? Pesan Muhammadiyah untuk Kapolri, Duh Kompol Yuni

“Klarifikasi….saya tidak ada konfirmasi dengan acara ini, saya tidak tahu sebelumnya, kok nama saya ada di dalamnya ya?,” tulis Gus Miftah.

Penceramah asal Yogyakarta ini meminta pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan klarifikasi publik terkait maksud pencantuman namanya.

BACA JUGA: Pernah Berseteru, Gus Miftah Akan Gelar Salat Gaib untuk Ustaz Maaher

Pasalnya, dia mengaku menerima sejumlah keluhan dari para kiai dan ustaz, serta jemaahnya mengenai hal ini.

“Termasuk guru saya @yusufmansurnew bertanya soal ini. Semoga kita semua diampuni dosa-dosanya,” tulisnya lagi.
 
Hingga berita ini ditulis, postingan berisi klarifikasi dari Gus Miftah ini sudah dikomentari ratusan komentar.

BACA JUGA: PDIP Rayakan Harlah NU, Megawati, Hasto hingga Gus Miftah Akan Hadir

Komentar juga datang dari akun @matanbanyuwangi. Akun ini mengatasnamakan panitia meminta maaf kepada Gus Miftah dan berjanji menarik meme (flyer) tentang seminar tersebut.

“Kami sebagai panitia mohon maaf kepada Gus @gusmiftah...Sekali lagi mohon maaf. Semua meme sudah kami tarik dari peredaran,” tulis akun @matanbanyuwangi dalam kolom komentar.

Dalam flyer Seminar Internasional itu, nama Gus Miftah tercantum sebagai salah satu keynote speaker I. Selain Gus Miftah, ada satu nama lagi yang tercantum sebagai keynote speaker II yakni Gus Rofiq selaku staf ahli supranatural Gus Dur.

Dalam seminar yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Maret 2021 itu juga mencantumkan beberapa pemateri, yakni Mochtar Nabeel selaku Pengamat Supranatural dari Universitas Al-Azhar, Abdul Fatah Hasan selaku Ketua Umum Perdunu, Fatchan Himami Hasan selaku Bendum PC GP Ansor Banyuwangi, dan Ali Nurfatoni sebagai Sekjen Perdunu. (ngopibareng/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler