NasDem Biayai Kampanye Caleg Hingga Rp 10 M

Selasa, 12 Juni 2012 – 09:51 WIB

JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) membuat langkah terobosan yang tak umum. Partai besutan Surya Paloh dan disokong bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo itu menyediakan dana kampanye bagi para caleg yang akan maju dalam pemilu legislatif mendatang. Anggarannya tak main-main. Jumlahnya Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar per caleg.

"Ini rencana Partai Nasdem untuk merekrut caleg-caleg berkualitas, berintegritas, dan kapabel. Kami ingin membangun kesan baik bagi dunia politik," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem, Ferry Mursydan Baldan di Jakarta, Senin (11/6).

Sampai sekarang, lanjut Ferry, Partai Nasdem belum memiliki jumlah caleg Nasdem yang akan didukung biaya kampanyenya. "Tapi, dipastikan untuk jadi caleg Partai Nasdem tidak ada satu rupiah pun yang harus diberikan kepada Partai Nasdem," tegas mantan politikus Partai Golkar itu.

Dia menuturkan, sudah jadi rahasia umum bahwa menjadi caleg memerlukan biaya tinggi dan mahal. Karena itu, timbul kesan tidak mungkin bisa jadi caleg jika tidak memiliki uang miliaran rupiah.

"Kondisi atau penilaian seperti itu sungguh memprihatinkan Partai NasDem. Jika itu yang terjadi, semakin menguatkan kesan bahwa kursi parlemen bisa dibeli, meski tidak langsung," katanya.

Partai NasDem, lanjut Ferry, hendak mengembalikan fungsi parlemen yang tercitra sangat transaksional. Caranya dimulai dengan menempatkan figur-figur berkualitas, berintegritas dan berkapabilitas. Dalam kaitan itu, strategi yang akan diterapkan adalah metode talent scotting untuk mendapatkan figur caleg yang diharapkan.

"Kalau dalam kegiatan menuju pemilu legislatif ada biaya yang dibutuhkan, Partai Nasdem tidak akan membiarkan caleg-calegnya terhambat hanya karena ketiadaan biaya. Partai pasti membantu caleg bersangkutan," kata Ferry. "Jadi, ini bukan sekadar untuk gagah-gagahan. Sebaliknya, ini harus menjadi agenda politik semua partai," imbuhnya.(pri/c2/agm)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Karolin Sebut Video Porno Isu Politis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler