New Priok Beres Akhir 2014

Rabu, 12 Juni 2013 – 09:53 WIB
JAKARTA – Meski tidak menggunakan uang negara, pembangunan Terminal Kalibaru atau The New Priok di perairan Tanjung Priok berjalan lancar. Hingga saat ini, progres pembangunan terminal I Kalibaru sudah mencapai 7 persen.

’’Terminal I New Priok akan selesai tepat waktu yaitu pada akhir 2014,’’ kata Richard Joost Lino, direktur utama Indonesia Port Corporation (IPC), nama baru PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terminal Kalibaru merupakan pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ini adalah terminal supermodern yang bisa menampung kapal paling besar di dunia untuk bersandar. Dibangun di lepas pantai, Kalibaru membutuhkan dana investasi total Rp 40 triliun.

’’Kita patut bangga proyek besar yang butuh dana jumbo ini berjalan sesuai rencana, tanpa menggunakan uang APBN. Proyek tahap pertama progresnya sudah mencapai 7 persen,’’ jelas Lino.

Terminal I yang sedang dibangun ini memiliki kapasitas 1,5 juta teus. Pembangunan New Priok tahap pertama tersebut terdiri atas 5 terminal yakni 3 terminal peti kemas dan 2 terminal untuk produk bahan bakar minyak (BBM). Pembangunan fisik dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 9,2 triliun. (dri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Belum Tentukan Waktu Rapat Majelis Syura Soal BBM

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler