Sebuah laporan membandingkan kinerja ekonomi dari setiap negara bagian di Australia. Negara bagian New South Wales dengan ibu kota Sydney, masih memiliki kinerja perekonomian terkuat.

The CommSec State of the States di Australia mencoba membandingkan kinerja ekonomi di seluruh negara bagian dan teritori di Australia, selama kuartal akhir 2015.

BACA JUGA: Australia Tepis Potensi Merebaknya Konflik di Laut China Selatan

Dua negara bagian dengan jumlah penduduk paling banyak, yakni New South Wales dan Victoria, memiliki perekonomian paling kuat. 

Tetapi menurut Craig James, kepala ekonom CommSec, Wilayah Khusus Ibu Kota Australia (ACT) mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Panah Menancap di Perut Sapi ini Selama 3 hari

"Ada cukup kesenjangan antara New South Wales, Victoria dengan negara-negara bagian lainnya," ujar James.

"Tapi peningkatan terbesar dialami kawasan ACT dalam survei sebelumnya pernah berada di posisi keenam, tapi sekarang ini berada di peringkat ketiga sama dengan Kawasan Australia Utara."

BACA JUGA: Pemerintah RI Diduga Gunakan Server di Sydney Untuk Program Mata-Mata

Menurutnya pertumbuhan di ACT, seperti juga di New South Wales dan Victoria, telah didukung oleh pembangunan perumahan.

"Jika lebih banyak properti yang sedang dibangun, rumah atau apartemen, artinya menyediakan kesempatan kerja tambahan, meningkatkan belanja ritel dan tentunya akan menguntungkan perekonomian," tambahnya.

Pembangunan properti di ACT pada tahun lalu menjadi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Sementara itu, Gladys Berejiklian, Bendahara untuk negara bagian New South Wales mengatakan angka pertumbuhan pekerjaan di negara bagiannya sangat bagus.

"Setengah dari semua pekerjaan di Australia tersedia di New South Wales setiap bulan, tentunya menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan," kata Berejiklian.

Namun, ia mengakui masih ada ruang untuk menangani masalah pemuda dan pengangguran.

Lain halnya dengan Australia Barat. Negara bagian ini memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat, tetapi untuk masalah investasi bisnis dan pengangguran berada di peringkat bawah. Perekonomian Australia Barat berada di peringkat kelima. 

James mengatakan perlambatan perekonomian di Australia Barat disebabkan oleh sektor pertambangan yang melemah.

"Pengangguran di Australia Barat mencapai tingkat tertinggi dalam 14 tahun terakhir, sehingga menahan laju perekonomian," jelasnya.

Negara bagian Queensland berada di peringkat keenam, dan Australia menempati peringkat ketujuh.

Sementara itu, negara bagian Tasmania  berada di peringkat terendah dilihat dari kinerja ekonominya, dengan tingkat pengangguran yang masih tinggi dan industri perumahan yang semakin melemah.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebakaran Lahan Ancam Kelestarian Tanaman Asli di Situs Budaya Tasmania

Berita Terkait