Neymar (Bukan) Yang Terbaik

Rabu, 26 Juni 2013 – 09:24 WIB
TIGA kemenangan dari tiga pertandingan dan menyumbangkan tiga gol plus satu assist. Begitulah catatan impresif yang ditorehkan Neymar saat memperkuat Brasil dalam Piala Konfederasi 2013 ini.

Dia pun masuk dalam kandidat peraih Golden Shoe (pencetak gol terbanyak) atau Golden Ball (pemain terbaik) di ajang ini.

Namun, segudang faktor pendukung itu ternyata masih belum terbukti. Setidaknya dapat dilihat berdasarkan pemeringkatan performa pemain yang dikeluarkan FIFA. Diberitakan di Sambafoot, Neymar tidak masuk dalam jajaran 10 Besar pemain dengan performa apik selama fase grup.

"Wakil" Selecao di peringkat teratas justru dipegang oleh Fred yang noteben baru bisa mencetak dua gol bagi tim Samba. Bomber berusia 29 tahun itu berada di posisi kedua, di bawah bek Spanyol, Sergio Ramos. Fred hanya mengoleksi 9,47 poin, sementara Ramos 9,57.

Pemeringkatan itu didasarkan dari performa pemain selama tiga pertandingan fase grup. Bukan hanya performa pemain, faktor lawan dan momen-momen si pemain bersangkutan itu juga masuk dalam peniliannya. Secara keseluruhan, tercatat ada tiga penggawa Samba lain yang juga masuk di dalam posisi 10 Besar peringkat performa FIFA itu.

Secara berurutan mulai dari peringkat delapan sampai sepuluh, diisi oleh trio pemain bertahannya, yaitu Marcelo, David Luiz, dan Thiago Silva. Meski demikian, pelatih Luiz Felipe Scolari menyebut pemain yang musim 2013/14 nanti bermain di Spanyol bersama Barcelona itu sebagai roh permainan Selecao.

Terutama saat Brasil mengalahkan Italia dalam pertandingan penutup fase Grup A lalu. "Golnya ke gawang Italia sudah menunjukkan betapa jeniusnya Neymar. Keputusannya selalu membuat perbedaan. Dia layak menjadi idola bagi semua orang-orang Brasil," puji Scolari.

Lebih lanjut, Scolari percaya bahwa Neymar nersama skuad Brasil asuhannya bisa lebih baik lagi performanya.

"Saya ingin melihat peningkatan dalam tim ini pada masa tertentu bersama Neymar di dalamnya. Saya percaya, dengan tim yang lebih baik kualitasnya, maka Neymar juga akan lebih baik," jelasnya. (ren)

10 Besar Performa Pemain Versi FIFA
1. Sergio Ramos (Spanyol)     9.57 poin
2. Fred (Brasil)         9.47
3. Jordi Alba (Spanyol)     9.38
4. Mario Balotelli (Italia)     9.30
5. Diego Lugano (Uruguay)     9.23
6. David Villa (Spanyol)     9.16
7. Fernando Torres (Spanyol) 9.09
8. Marcelo (Brasil)         9.03
9. David Luiz (Brasil)     8.98
10. Thiago Silva (Brasil)     8.92




BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat Datang di Indonesia !

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler