Nigeria Terancam Skorsing FIFA

Minggu, 06 Juli 2014 – 06:06 WIB
Timnas Nigeria. Foto: Getty Images

jpnn.com - RIO DEJANEIRO - Sudah jatuh dan tertimpa tangga itu pepatah yang pas untuk menggambarkan Nigeria saat ini sebab, setelah tersingkir di babak 16 besar karena kalah karena kalah dari Prancis.

Baru-baru ini The Super Eagles "Julukan Nigeria- akan terkena sanksi FIFA sebab, pemerintah Nigeria terlalu agresif dan ikut capur urusan persepakbolaan.

BACA JUGA: Belanda Vs Kosta Rika Lakoni Drama Adu Penalti

Menteri Olahraga Nigeria Tammy Danagogo melakukan keputusan sepihak, dia tiba-tiba mengangkat Lawrence Katiken menjadi pemimpin Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF). Campur tangan pemerintah Nigeria pun tidak tanggung, Selain mencopot Presiden NFF terpilih Aminu Maigari. Mereka juga mepreteli semua komite eksekutif NFF.

Menurut FIFA pihak NFF telah melanggar pasal 13 dan 17 dari statute FIFA, yang menyatakan tidak ada orang yang akan menjabat sebagai pemimpin federasi sepak bola sebuah Negara kecuali telah diakui dan dipilih oleh pihak FIFA.

BACA JUGA: Masih 0-0, Belanda Vs Kosta Rika Masuk Babak Extra Time

FIFA menulis kepada NFF menyatakan keprihatinan atas tindakan yang diambil oleh otoritas publik Nigeria. FIFA juga mengatakan jika pemilihan ketua NFF yang telah dipilih oleh pemerintah Nigeria tidak akan mereka akui.

Badan sepak bola dunia itu juga memperingatkan pemerintah Nigeria untuk segera mengembalikan komite eksekutif NFF.

BACA JUGA: Belgia Dapatkan Petualangan Hebat di Piala Dunia 2014

Sebelumnya Nigeria memang terkena skors oleh FIFA pada 2010 perdetepatan saat Piala Dunia Afrika Selatan berlangsung. Saat ini pemerintah Nigeria telah diduga melakukan tindakan korupsi di NFF.

Hal ini tentu akan menghambat persepakbolaan Nigeria, Sebab, pada Oktober nanti mereka menghadapi kualifikasi Piala Afrika.

Jika saksi itu diberikan praktis mereka tak akan bisa mengikuti kejuaraan tersebut. Padahal prestasi Nigeria dalam cukup menawan pada tahun 2013 lalu Nigeria telah menjadi jawara perhelatan Piala Afrika tersebut. (jar)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalahkan Belgia, Sabella: Argentina Sudah Temukan Bentuk Terbaik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler