Nirina Zubir dan Program Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC)

Selasa, 18 November 2014 – 05:05 WIB
Nirina Zubir. Foto: Fedrik Tarigan/dok.JPNN

jpnn.com - LEWAT program televisi berjudul Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC), wajah Nirina Zubir kembali menghiasi layar kaca. Nirina, sapaan akrabnya menjadi host di program yang disajikan Rajawali Televisi (RTV) setiap Senin hingga Jumat pukul 19.00 WIB. Seperti apa?

 

-----------
SEAKAN ingin menginspirasi pemirsa televisi, Nirina Zubir pun sangat antusias dan menikmati program yang melibatkan siswa dan siswi SMA favorit di Jakarta tersebut.

BACA JUGA: Pandawa Makin Lama di Indonesia

”Karena ini adalah acara yang tujuannya membuat Indonesia lebih cerdas melalui adik-adik SMA ini,” ujar Nirina di saat jumpa pers di Studio Cawang, Jakarta Timur, Senin, (17/11).

BACA JUGA: Sajad Belum Siap, Sidang Cerai Nikita Mirzani Ditunda

Walaupun telah banyak ‘makan garam’ dengan beragam program televisi. Nirina mengaku ini merupakan salah satu program terbaru yang tidak pernah dilakoninya. Saat pertama kali memandu program tersebut, perempuan kelahiran Antananarivo, Madagaskar, 12 maret 1980 tersebut dibuat gugup.

”Terus terang waktu pertama kali ditawarin agak beban,” ujar istri gitaris grup musik Cokelat, Ernest Fardiyan Sjarif itu.

BACA JUGA: Depe Akhirnya Penuhi Panggilan Polisi

Memang program tersebut bukanlah sekadar hiburan semata. Namun memberikan nilai edukasi terhadap peserta dan pemirsa di rumah. Dipandu tiga finalis pembimbing seperti Ira Koesno, Erwin Parenkuan, dan Shanez Haqua, artis yang memulai debut akting dalam film ‘30 Hari Mencari Cinta’ itupun banyak mendapat pengalaman baru di dunia pendidikan.

”Untuk beberapa kali proses syuting, benar-benar kritis, kritik membangun, dan timbal baliknya enak. Ada yang namanya masukan, kritikan. Dan Intinya semuanya untuk membuat Indonesia tambah cerdas,” katanya.

Lewat program tersebut, Nirina pun dibuat belajar kembali. Dia membuka mata pelajaran yang memang tidak pernah dibacanya lagi itu saat belajar bersama kedua anaknya, Zivara Ruciragati Sharief dan Elzo Jaydo Anvaya. Suasana itu pun membuat dirinya semakin dekat dengan buah hatinya.

”Akhirnya jadi belajar. Kita selipkan sesuatu saat bersama anak. Anakku suka nanya, emang kalo mau naik pesawat itu mau kemana. Disneyland itu banyak. Its actually simple thing dan berguna. Itu lebih mengisi untuk pendidikan,” katanya

Apalagi saat ini, program Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC) sudah memasuki babak semifinal. Para semifinal yang lolos di antaranya MAN Insan Cendekia, SMA Global Prestasi, SMA 39 Cijantung Jakarta, SMA 13, SMAN 1 Depok, dan SMA 28. Semi final akan digelar pada 27 dan 28 November mendatang.

”Di sini aku seperti sebagai contoh untuk anakku. Aku berpikir apakah anakku itu bangga sama aku kelak nantinya,” papar dia.

Nah tidak hanya Jakarta dan kota-kota besar penyangga Jakarta. Sejumlah peserta akan semakin ramai dengan hadirnya peserta dari beberapa sekolah di Bandung, Solo, serta Jogyakarta dan itu akan ada di sesi berikutnya.

”Di sesi pertama kita akan melibatkan 45 sekolah di Jabodetabek. Di sesi selanjutnya, kami akan libatkan beberapa peserta dari beberapa sekolah di Bandung, Solo, dan Jogjakarta,” kata Maria Goretti Limi, Dirut RTV.

Tidak hanya membuka pendaftaran. RTV pun menjemput bola untuk masing-masing sekolah yang ingin terlibat dalam program tersebut.

”Di sini kita kasih undangan, kita jemput bola dulu. Karena OIC merupakan tayangan quiz talent competition sebagai bentuk kontribusi kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia,” tegasnya. (ash)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kim Woo Bin Brand Jadi Kosmetik Italia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler