Noda Gurning di Laga Perdana

Kamis, 12 April 2012 – 07:33 WIB

BANDUNG - Abdurrahman Gurning mengawali kiprahnya bersama Persegres Gresik dengan hasil mengecewakan. Pada debutnya, Persegres dipaksa menyerah satu gol dari tuan rumah Persib Bandung dalam laga perdana putaran kedua Indonesia Super League (ISL) di stadion Siliwangi Bandung, sore kemarin (11/4).

Satu-satunya gol yang mengandaskan harapan Persegres untuk mencuri poin di kandang lawan itu diciptakan oleh Atep. Gelandang mungil itu mampu memecah kebuntuan setelah tendangan jarak jauhnya berhasil merobek jala gawang Hery Prasetyo pada menit ke-57.

Gol tersebut mengakhiri perlawanan yang diberikan Uston Nawawi dkk. Sebab, sepanjang hampir 50 menit pertama mereka mampu mengimbangi permainan tuan rumah yang diperkuat duo penyerang ganas Marcio Souza dan Noh Alam Shah. "Persegres ataupun Persib sama-sama main bagus. Tapi, saya akui mereka lebih beruntung," kata Gurning usai pertandingan.

Dalam pertandingan kemarin, Persegres langsung menurunkan empat pemain barunya sekaligus. Yaitu duo asing Daniel Zeleny dan Claudio Pronetto, serta duo lokal Rachmad Rivai dan Gangga Mudana. Walaupun masih baru sepekan berlatih bersama, keempatnya sudah mampu menjalankan instruksi Gurning.

Persegres sebenarnya memiliki banyak kesempatan mencetak gol ke gawang Persib. Namun, dari sekian banyak peluang, seluruhnya hanya bisa menerpa mistar gawang. Tercatat lima sampai enam peluang emas didapatkan Rachmad Rivai, Claudio Pronetto dan Uston Nawawi.

Sayangnya, serunya pertandingan tersebut harus dinodai aksi tawuran antar pemain yang berbuntut kartu merah bagi Gustavo Chena dan Miljan Radovic pada menit ke-63. Insiden tersebut bermula dari aksi sikutan Radovic kepada Chena. Tak terima, Chena pun mendorong Radovic.

Kontan saja kejadian tersebut langsung memancing emosi pemain dari kedua tim sehingga laga sempat dihentikan beberapa menit. Gurning pun menyesali adanya kejadian tersebut. "Harusnya anak-anak bisa sedikit menjaga emosionalnya," keluh Gurning.

Tak berhenti sampai di situ, kabarnya usai pertandingan sempat ada insiden pemukulan yang melibatkan Marwan Sayedeh dan salah seorang panpel. Menurut sumber di internal Persegres, pemukulan tersebut dilakukan seorang panpel dengan ciri-ciri perawakan gemuk dan berbaju putih. "Semua saya serahkan ke pihak manajemen. Mungkin akan kami bawa ke jalur hukum, karena ini murni kriminal," beber Gurning.

Terlepas dari rentetan kejadian memalukan tersebut, kekalahan kesepuluh itu semakin menyulitkan langkah Persegres menjauhi jurang degradasi. Mereka pun berpeluang melorot posisinya karena PSAP Sigli yangs atu strip di bawahnya belum menjalani pertandingan.

Sebaliknya, kemenangan perdana di tangan pelatih caretaker Robby Darwis ini membuat klub berjuluk Maung Bandung itu meramaikan bursa persaingan di papan atas ISL. Persib pun bisa menggeser posisi seteru abadinya Persija Jakarta yang masih belum memainkan laga di putaran kedua.

Hasil manis tersebut sekaligus mengamankan posisi Robby di kursi pelatih sementara Persib. Dia pun berharap mampu melanjutkan tren positif klubnya ini saat menjalani laga kandang kedua melawan Persiba Balikpapan, 15 April nanti. "Pertandingan ini tadi cukup berat kami lalui. Dengan permainan bagus seperti hari ini, berikutnya saya harap hasilnya jauh lebih baik," jelas bintang Persib era 1990-an itu. (ren/ko)

 Data Fakta :
Persib : 1 (0)
Pencetak Gol: Atep (57")
Kartu Kuning: Zulkifli Syukur (20"), Wildansyah (34")
Kartu Merah: Miljan Radovic (65")
Pemain : (4-3-1-2) : Cecep Supriatna (pg); M Nasuha, Toni Sucipto, Wildansyah, Zulkifli Syukur; M Ilham/Aliyudin (79"), M Agung Pribadi/Robby Gaspar (46"), Atep, Miljan Radovic; Noh Alam Shah/Airlangga Sucipto (84"), Marcio Souza
Pelatih: Robby Darwis

Persegres : 0
Kartu Kuning: Daniel Zeleny (36"), M Kusen (86")
Kartu Merah: Gustavo Chena (65")
Pemain: (4-2-3-1) : Hery Prasetyo (pg); Wismoyo Widhistio, Daniel Zeleny, Lan Bastian Balatas, Anang Ma"ruf/M Kusen (54"); I Wayan Gangga Mudana, Uston Nawawi/David Faristian (69"), Claudio Pronetto/Marwan Sayedeh (75"), Gustavo Chena, Rachmat Rivai; Gaston Castano
Pelatih: Abdurrahman Gurning

Stadion: Siliwangi, Bandung; Penonton : 17.654 orang; Cuaca : Berawan; Wasit : Novari Iksan (Jakarta)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Penonton Persegres Terbanyak Kedua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler