Nonton Sang Kiyai Bareng Prabowo, Jimly Dikritisi PPP

Rabu, 17 Juli 2013 – 15:56 WIB
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Surakarta, Jawa Tengah Arif Sahudi mengatakan pihaknya keberatan dengan sikap Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Ashidiqie. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu dinilai secara berencana nonton film Sang Kiyai bersama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Kami keberatan dengan sikap Ketua DKPP Jimly Ashidiqie yang telah nonton Sang Kiyai bareng Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prilaku Ketua DKPP itu sangat tidak pada tempatnya. Karena itu, kami sudah menyampaikan surat protes kepada DKPP ditembuskan ke DPP PPP dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), awal Juli 2013 lalu," kata Arif Sahudi, saat dihubungi wartawan, Rabu (17/7).

Arif Sahudi berpandangan, kesediaan Jimly nonton bareng dengan Capres Gerindra, Prabowo pertengahan Juni lalu di Metropole, Jakarta mengindikasikan Jimly sembrono dalam menjaga jabatan yang melekat pada dirinya. "Jimly kami anggap telah menyalahgunakan posisi untuk kepentingan politik karena diasumsikan mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo," kata Arif, mengutip sebagian suratnya.

Agar lebih fair, saran Arif, mestinya Jimly juga menonton bareng dengan seluruh ketua umum partai politik (Parpol) agar tindakannya menonton bersama Prabowo menjadi etis. Itu karena Jimly selalu gembar-gembor bahwa DKPP adalah lembaga penegak etik Pemilu yang sangat terjaga independensinya.

"Kalau benar begitu, sejak awal saja independen. Jangan dia menyatakan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saja yang independen namun dia sendiri tidak independen," kata Arif Suhadi. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belasan Napi Kabur, Rutan Baloi Diisolasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler