Nutrisi Penting Pendukung Penglihatan Anda

Jumat, 06 April 2018 – 23:20 WIB
Pemeriksaan mata. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Mata merupakan bagian dari lima indera tubuh kita yang sangat kompleks, di mana mata sangat membutuhkan perawatan yang baik supaya penglihatan Anda tetap sehat, jernih dan setajam mungkin.

Walaupun tubuh kita telah memiliki system sendiri untuk menjaga mata dari kerusakan, namun kita juga perlu untuk mensuplai bahan yang tepat yang dibutuhkannya.

BACA JUGA: Kaitan Antara Warna Mata Dengan Kesehatan, Baca di Sini

Berikut ini beberapa nutrisi penting untuk mendukung penglihatan Anda.

Baca juga: Ingin Mata Anda Sehat? Intip 5 Tips Penting Ini

BACA JUGA: Alhamdulillah, Novel Baswedan Sudah Bisa Membaca

1. Asam lemak omega-3 (dari minyak ikan)

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan berlemak yang tinggi di kedua komponen omega-3 ini, setidaknya seminggu sekali, mengurangi risiko AMD menjadi dua.

BACA JUGA: Apa Kabar Novel Baswedan? Seperti Ini Perkembangannya

Anda lebih baik melengkapi dengan bentuk cair atau kapsul DHA dan EPA karena merkuri dan racun lainnya telah dikeluarkan. Dosis ideal adalah 4.000 mg DHA gabungan dan EPA setiap hari.

Minyak sehat lainnya yang bisa ditambahkan ke makanan termasuk minyak zaitun, minyak kelapa, ghee, minyak rami dan minyak biji hitam. Hindari lemak trans, margarin, minyak jagung dan minyak canola.

2. Lutein dan Zeaxanthin

Ini adalah pigmen yang memberi sayuran seperti bayam warnanya. Mereka adalah karotenoid yang larut dalam lemak yang ditemukan di retina yang menawarkan perlindungan antioksidan untuk sel retina.

3. Vitamin A

Kekurangan vitamin ini menyebabkan kebutaan. Sumber utama vitamin A yang terbentuk sebelumnya dalam makanan berasal dari sumber hewani. Tidak ada vitamin A yang bisa ditemukan pada tumbuhan.

Pada vegan, tubuh menggunakan seng untuk mengubah karoten menjadi vitamin A.

4. Vitamin D

Tingkat vitamin D dalam darah rendah dikaitkan dengan kejadian AMD yang lebih besar. Kebanyakan orang yang tinggal di belahan bumi utara yang tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari atau yang tidak mengonsumsi suplemen, berisiko tinggi.

Orang dewasa yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari perlu suplemen antara 5.000-10.000 IU setiap hari.

5. Minuman hijau

Sebagian besar minuman hijau di pasaran mengandung sejumlah besar karotenoid yang berasal dari alga seperti spirulina, chlorella atau alga hijau super biru.

6. Astaxanthin

Astaxanthin memiliki banyak sifat anti-inflamasi lainnya sehingga memiliki manfaat untuk berbagai penyakit kronis.

7. Vitamin C

Vitamin ini hadir dalam vitreous humor mata dalam konsentrasi yaitu 25 kali kadar serum normal dan pada 100 kali kadar serum di retina.

Dengan kata lain, tubuh menyimpan vitamin C di mata di mana digunakan sebagai antioksidan untuk mencegah kristalisasi lensa yang menyebabkan katarak.

Vitamin C dalam dosis tinggi juga mengurangi tekanan mata yang meningkat dan telah terbukti mencegah dan bahkan membalikkan glaukoma.

8. Resveratrol

Resveratrol dari anggur merah adalah antioksidan kuat yang bisa melindungi semua organ Anda dari kerusakan radikal bebas, termasuk mata.

Jika Anda tidak minum, gunakan jus anggur organik atau kapsul tambahan. Ini meningkatkan kadar kolesterol baik Anda (HDL), mencegah pengerasan arteri dan meningkatkan umur panjang.

9. Melatonin

Satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 mg melatonin setiap hari menunda onset AMD.

Kita tahu bahwa melatonin, yang disekresi oleh kelenjar pineal, menurun seiring bertambahnya usia.

Pada usia 60 tahun atau lebih, tingkat melatonin darah hampir mencapai nol. Selain memiliki dampak yang besar pada tidur, melatonin adalah antioksidan ampuh yang bisa mencegah kerusakan mata.

10. N-Acetyl-L-Cysteine ??(NAC)

N-A-C adalah asam amino yang, dalam dosis tinggi, diubah menjadi glutathione, antioksidan utama tubuh yang melindungi sel-sel retina mata.

N-A-C lebih dikenal sebagai sesuatu yang melarutkan kelebihan lendir. Ini membantu mengatasi sinusit.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mata  

Terpopuler