Nyaris Malu di Laga Pembuka

Minggu, 16 Oktober 2011 – 07:33 WIB
Laga Persib Bandung vs Semen Padang. Foto: JPNN

BANDUNG-Laga pembuka Liga Prima Indonesia (LPI) musim 2011-2012 yang mempertemukan Persib Bandung kontra Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin (15/10) berlangsung sengit.

Di laga perdana ini, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin turun langsung untuk membuka kick off kompetisi yang sebelumnya terancam batal, akibat tak adanya titik temu antara 23 manajer soal format liga Kamis malam lalu di Jakarta.

Pada laga pembuka Liga Prima musim ini, skor berakhir imbang 1-1 bagi Persib maupun Semen PadangGol tuan rumah dicetak Miljan Radovic dari titik penalti di menit 77 dan Mustofa Aji di menit 71

BACA JUGA: Sulit Mencuri Angka di Kandang Liverpool

Pertandingan pembuka musim ini sedikit ternoda, ketika bek Maung Bandung  Zulkifli Syukur diganjar kartu merah  setelah mendapatkan dua kartu kuning di menit 57 dan 69.

Menanggapi hasil kali ini, Pelatih Persib Drago Mamic mengatakan tim yang dihadapinya kali ini adalah tim kuat
Meski demikian, ia mengaku puas dengan penampilan skuad besutannya yang akhirnya mampu menahan imbang tim tamu yang sempat memimpin.  "Selamat untuk Semen Padang

BACA JUGA: Messi Terpaksa Mengungsi ke Kokpit

Mereka tim yang kuat
Mereka tahu caranya main bola

BACA JUGA: Casey Stoner, Nikmati Mancing dan Makan Ikan

Hari ini kita punya tes pertama dan saya cukup puas dengan hasil ini," ujarnya kepada wartawan dalam konperensi pers seusai pertandingan, kemarin.

Drago menambahkan, timnya hampir saja kalah jika tidak adanya keajaiban ketika Miljan dilanggar di kotak terlarang hingga berbuah penaltiMenurutnya, kejadian tersebut sangat menguntungkan, terlebih dengan kondisi 10 pemain, setelah eks pemain Arema Indonesia  Zulkifli diganjar kartu merah oleh wasit Retu Selamet asal Surabaya. 

"Kita bisa menahan imbang, berkat keberuntunganIni pertandingan krusial buat kita, karena Semen Padang sempat memimpin ketika kita kekurangan pemainSemen memang tim yang bagus, mereka punya taktik, fisik, strategi, dan individu yang bagus," ungkapnya.

Sementara mengenai jalannya pertandingan di babak pertama, kedua tim mengawali permainan lebih tertutup dan banyak memainkan bola di tengah lapanganPeluang tercipta pertama didapat kubu Kabau Sirah, melalui tendangan salto Edward Wilson Junior, namun masih jauh melenceng di atas mistar penjaga gawang Maung Bandung  Jendry Pitoy.

Persib mendapatkan peluang matang melalui tendangan bebas legiun asing asal Serbia, Miljan Radovic di menit 11, setelah Toni Sucipto diganjal keras bek Semen Padang, Tomi RifkaTetapi peluang tersebut gagal dimaksimalkan dengan baik oleh Miljan, setelah eksekusi bola mati yang dilakukannya masih melenceng di sisi kiri gawang Semen Padang yang dikawal Syamsidar.

Di penghujung babak pertama berakhir, Maung Bandung hampir saja kecolongan akibat miskomunikasi yang terjadi di lini belakangJika saja tidak membentur kaki Abanda Herman, gawang yang dikawal Jendry berujung gol.

Memasuki babak kedua, skuad besutan Drago Mamic meningkatkan serangan lebih tajam, meski beberapa peluang yang tercipta masih mampu dipatahkan barisan lini belakang Semen Padang.

Maung Bandung akhirnya terpaksa bermain dengan 10 pemain, setelah bek kanan Zulkifli Syukur diganjar kartu kuning kedua di menit 69, setelah dengan sengaja menyikut Esteban Viscara saat rebutan bola di pojok kanan gawang Persib.

Semen Padang akhirnya mampu memimpin setelah pemain pengganti, Mustofa Aji mampu memecahkan kebuntuan di menit 71Gol berawal dari assist yang dilepaskan Esteban kepada Mustofa yang tengah berdiri di sisi kiri gawang PersibIa langsung melepaskan tendangan spekulasi di luar kotak penalti  yang gagal dibendung Jendry sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 bagi Semen Padang.

Tak lama kemudian, Persib mampu membalas sehingga skor pun kembali imbang 1-1, melalui tendangan penalti yang dilakukan algojo berkebangsaan Serbia, Miljan di menit 77Penalti ini didapat, setelah pemain bernomor punggung 50 selaku eksekutor penalti, dilanggar keras bek Semen Padang, Tomy Rifka di kotak terlarangSontak puluhan ribu bobotoh bersorak, setelah tendangan Miljan dengan sukses mengecoh Syamsidar.

Eksekusi penalti Miljan menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga pembuka Liga Prima musim ini, dengan skor berkesudahan 1-1 setelah masing-masing tim gagal menambah angka di penghujung babak kedua.

Sukses menahan imbang tuan rumah, Pelatih Semen Padang Nilmaizar mengaku puas dengan penampilan timnyaIa mengatakan, laga ini merupakan pertandingan yang berat, karena selain laga perdana, Ellie Aiboy cs harus menjalani pertandinganIa berharap, dengan keberhasilan kali ini tidak membuat timnya tinggi hati dan tetap serius menjalani pertandingan ke depan. 

"Pertandingan ini berat buat kita, karena kita main di kandang lawanPersib tim bagus, tetapi saya bilang kepada anak-anak agar mereka kerja sungguh-sungguh duluAlhamdulillah hasilnya cukup bagusSaya bangga karena tim saya layak untuk bertanding menghadapi tim-tim dari Liga PrimaPersib tadi juga main bagus, memang tadi ada sedikit kesalahan karena kita sama-sama dirugikan oleh wasitTetapi itu karena situasi, sehingga kita sulit mengontrol emosi di lapangan," tandasnya(ytn)

Data Fakta
Persib Bandung vs Semen Padang
Gol: Miljan Radovic (pen, 77') Persib Bandung; Mustofa Aji (71') Semen Padang
Kartu Kuning: Maman Abdurahman (4'), Zulkifli Syukur (57') + (69') Persib Bandung; Vendry Mofu (90') Semen Padang
Kartu Merah: Zulkifli Syukur (69')

Wasit: Retu Selamet
Stadion: Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung
Penonton: 25.400 orang

Susunan Pemain
Persib:
Jendry Pitoy (gk), Zulkifli Syukur, Wildansyah/Hendra Ridwan (77'), Maman Abdurahman, Abanda Herman (b), Hariono, Toni Sucipto, Atep/Airlangga Sutjipto (77'), Miljan Radovic, M lham/Budiawan (89') (t), Zdravko Dragicevic (d)
Formasi: 4-5-1
Pelatih: Drago Mamic

Semen Padang
Syamsidar (gk), Hengki Ardiles, David Pagbe, Saepuloh, Tomy Rifka/Slamet Riyadi (84') (b), Yu Hyun Koo, Vendry Mofu, Elly Aiboy/Mustofa Aji (70), Esteban Viscara (t), Edward Wilson Junior, Suheri Daud/Ferdinan Sinaga (46') (d)
Formasi: 4-4-2
Pelatih: Nil Maizar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sathosi Ngotot, Julio Kurang Greget


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler