OJK Genjot Pembentukan Bank Wakaf Mikro

Rabu, 14 Maret 2018 – 15:57 WIB
OJK. Foto: JPNN

jpnn.com, SERANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memfasilitasi pembentukan 20 Bank Wakaf Mikro (BWM) di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan, ke-20 BWM itu sudah menyalurkan kredit sebesar Rp 2,45 miliar kepada 2.784 nasabah.

OJK pun akan terus menambah jumlah BWM. "Insyaallah dalam waktu dekat kami juga akan mendirikan 20 lagi yang mungkin juga akan kami dirikan di luar Jawa," ucap Wimboh dalam laporannya pada peluncuran BWM oleh Presiden Joko Widodo di Ponpes An-Nawawi Tanara, Serang, Banten pada Rabu (14/3).

BACA JUGA: Sukamta PKS Tagih Janji Jokowi Gandakan Anggaran Pertahanan

Khusus BWM An-Nawawi sudah memiliki lebih dari 200 nasabah. Bahkan, potensinya bisa berkembang sampai 3.000 nasabah. Pembiayaan BWM bersumber dari para donatur yang terus bergulir melalui Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas).

Pendirian BWM bertujuan memfasilitasi masyarakat kecil yang selama ini belum memiliki akses untuk meminjam modal ke lembaga pembiayan maupun perbankan. BWM dalam pelaksanannya tidak hanya memberikan pinjaman, tapi juga menyediakan bimbingan kepada para nasabahnya dalam menjalankan usahanya.

BACA JUGA: Dewan Bisnis AS-ASEAN Puji Kemudahan Berusaha di Era Jokowi

Setiap nasabah juga diberikan pinjaman secara bertahap mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 3 juta.  “Program ini khusus untuk masyarakat yang secara formal perlu perhatian lebih," jelasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Jokowi Sudah Teken RUU MD3? Menseskab: Tunggu Saja Besok

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ulama Kalsel Siapkan Kriteria Cawapres untuk Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler