Okie Tuding Pemerintah Lalai Awasi Flu Burung

Senin, 16 Januari 2012 – 02:12 WIB

PEMERINTAH khususnya otoritas kesehatan dianggap Okie Agustina tak konsisten mengawasi penyebaran virus H5N1. Makanya dia kaget saat pertama mendengar flu burung kembali menewaskan warga.

"Virus flu burung ini kan udah lama mewabah. Kalau bisa, terus diupayakan sterilisasi agar virus ini tidak berjangkit kepada manusia. Kirain udah nggak ada lagi," gumamnya.
    
Rupanya pacar pesepakbola Gunawan Dwi Cahyo ini mengikuti informasi flu burung di Indonesia. Katanya, sejak awal flu burung merebak sekitar 2005, pemerintah terlihat serius memberikan atensi lewat berbagai penyuluhan.  Tapi makin ke sini, perhatian pemerintah seperti kendur

"Dulu ramai banget orang bicara virus flu burung. Pemerintah juga tanggap, tapi sekarang kesadarannya semakin menurun," kata ibu tiga anak ini.
    
Terpenting lainnya, kata Okie, perlu ditingkatkan kewaspadaan dan senantiasa menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar. Makanya, partisipasi warga dalam menangkal penyebaran flu burung harus terus didorong.

"Pemerintah atau dinas kesehatan aktif kampanye, sosialisasi. Tapi jangan cuma iklan, sering-sering turun langsung ke pemukiman warga," kata Okie.
    
"Komunikasikan kepada keluarga, tetangga, dan warga sekitar mengenai dampak flu burung serta pencegahannya Beri pengertian pada warga untuk mempraktekkan kebersihan diri dan lingkungan. Selalu tanggap dan waspada," imbuhnya.
    
Kepada warga, khususnya yang suspect flu burung, Okie minta segera melapor ke pihak terkait. Atau segera bantu keluarga dan rekan-rekan bila tertular dengan membawa ke puskesmas dan rumah sakit. "Intinya kita harus selalu hidup bersih dan makan bergizi," tuntasnya. (BCG/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Siap Bersaing di Kontes Internasional


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler