Olahraga Lama Bakal Dapatkan Hasil Optimal? Belum Tentu!

Rabu, 30 April 2014 – 23:12 WIB

jpnn.com - UNTUK mendapatkan hasil maksimal, terkadang orang salah mempersepsikan dan mengintepretasikan olahraga. Banyak orang melakukan olahraga dalam waktu lama karena percaya hal itu akan membawa hasil secara cepat dan instan.

Namun, inilah yang patut untuk diperhatikan. Tidak benar jika ada anggapan yang menyatakan bahwa olahraga lama akan memberikan hasil lebih baik. Sebab, yang paling berpengaruh justru bagaimana kita melakukannya, bukan berdasarkan berapa lama kita melakukannya. Olahraga yang tepat itu adalah olahraga yang pintar, bukan olahraga yang lama.

BACA JUGA: Rambut Rusak Akibat Hair Dryer? Perhatikan Hal Ini

"Olahraga itu sama dengan membaca buku. Berapa banyak anda membaca buku yang sama sebelum akhirnya anda merasa malas untuk melakukannya? Jika anda melakukan olahraga yang sama terus-terusan, tubuh anda seakan hanyalah membalikkan halaman di dalam buku," kata Steve Zim, pemilik gym ATighterU di Culver City, California  seperti dilansir laman CNN, Selasa (29/4) .

Lalu, bagaimana olahraga yang sebaiknya harus dilakukan? Menurut Steve, olahraga yang baik itu adalah olahraga yang mengurangi penggunaan mesin olahraga, seperti yang ada di dalam gym. Selama ini orang menggunakan mesin olahraga untuk membentuk otot-otot tubuh mereka.

BACA JUGA: Beda Ibu Sekarang dengan Ibu Zaman Dulu

Namun, Steve menyatakan bahwa akan lebih baik jika dalam berolahraga seluruh bagian tubuh digerakkan. "Semakin banyak otot yang digunakan (untuk berolahraga), maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar dan makin banyak pula otot yang terbentuk," katanya.

Dari sudut pandang trainer olahraga, jika manusia hanya berolahraga dengan menggunakan bagian tubuh atas atau hanya bagian bawah saja maka manfaatnya tidak akan terasa optimal. "Setidaknya, lakukanlah full body work out sekali dalam seminggu," tambahnya.

BACA JUGA: Autisme Terjadi Sebelum Kelahiran

Steve menyarankan untuk mengkombinasikan latihan kekuatan dan kardio. Mulailah dengan melakukan latihan kekuatan fisik selama 30 detik, lalu setelah itu lakukan kardio selama 1 menit. Lihat, apakah anda sanggup melakukan itu dalam 30 menit. Nantinya jika sudah terbiasa, tingkatkan waktu kombinasi itu, 1 menit untuk latihan kekuatan fisik, 2 menit untuk kardio.

Kombinasi ini disebutkan akan membantu tubuh untuk tetap hangat setelah melakukan work out. Selain itu, kombinasi ini juga berguna untuk menghindari cedera.

"Sekali saja anda mendapat cedera, maka selesai sudah keinginan anda untuk berolahraga. Dan akhirnya, resolusi tahun baru anda harus berakhir begitu saja," pungkas Steve.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Aktivitas Terlarang di Ranjang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler