Onduline Indonesia Tawarkan Solusi Antibocor dengan Onducoat Bionic Fiber

Jumat, 25 Juni 2021 – 23:59 WIB
Pelapis kedap air dari Onduline Indonesia. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PT Onduline Indonesia menawarkan solusi dari penurunan daya tahan bangunan rumah, termasuk dinding dan lantai akibat dampak perubahan cuaca ekstrem.

Produsen produk atap ramah lingkungan Onduline dan Onduvilla itu merilis pelapis kedap air berbahan dasar menyerupai semen (cement based waterproofing), yaitu Onducoat Bionic Fiber.

BACA JUGA: Onduline Tantang Arsitek Muda Melalui Kompetisi Desain Green Roof

Produk tersebut dirancang khusus dengan komponen serat fiber, formula inovatif yang mudah diaplikasikan dan merekat kuat terhadap beton.

Fungsi dari serat fiber untuk meningkatkan kekuatan terhadap daya tekan atau geser sehingga lebih kuat dan tidak mudah retak atau pecah.

BACA JUGA: Motor Bebek Yamaha Vega Force Tampil Segar

Technical Manager Onduline Indonesia, Stevanus Iwan Setiawan menjelaskan, Onducoat Bionic Fiber masuk dalam kategori cementitious waterproofing (komposit semen dan cairan) serta berteknologi serat bionic sebagai penguat daya rekat dan ketahanan tekanab tinggi.

Oleh karena itu, Onducoat Bionic Fiber cocok digunakan untuk waterproofing lantai dan dinding.

BACA JUGA: Cairan Antibocor Malah Berefek Ban Getar? Baca Faktanya!

“Onducoat Bionic Fiber tidak beracun dan tidak korosif sehingga aman diaplikasikan pada beragam area basah seperti lantai dan dinding bagian dalam atau interior yang tidak langsung terpapar hujan dan panas, kamar mandi, dapur, balkon, dak beton," kata Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat.

Selain itu, bisa diaplikasikan di area terendam seperti ground water tank, basement, kolam renang, kanal, dan bendungan.

Dia menambahkan, karena dilengkapi perekat fiber dan pelapis kedap air, Onducoat Bionic Fiber sangat tepat digunakan dalam proses pembangunan karena sifatnya lebih preventif.

“Bahkan, sebelum bangunan itu diaci dan dicat, sebaiknya bidang sudah dilapisi Onducoat Bionic Fiber," imbuh dia. 

Fungsi Onducoat Bionic Fiber, lanjut Iwan, mampu membuat bidang atau beton lebih solid karena bahan waterproof sudah menempel sejak awal sehingga menjadi kesatuan yang homogen.

"Nantinya, kalau beton atau bidang tiba-tiba retak, Onducoat Bionic Fiber tidak ikut retak karena masih diikat komponen serat yang bentuknya mirip sarang laba-laba, perannya penguat ikatan mortar,” kata dia.

Dua komponen dalam satu wadah 

Onducoat Bionic Fiber dijual dalam satu paket berisi bubuk semen dan larutan cair.

Produk hanya dipasarkan dalam satu tipe packaging, yaitu satu pail dengan volume 16,8 kilogram terdiri atas bubuk 12,34 kilogram dan larutan cair (liquid) 4,46 kilogram.

Dalam satu pail, terdapat dua bungkus liquid (2,23 kilogram/bungkus) dan dua bungkus bubuk (6,17 kilogram/bungkus). 

Untuk pengaplikasiannya, mirip dengan metode aplikasi cat tembok. Awalnya, permukaan harus rata, lembap, serta bebas dari segala kotoran seperti puing, debu, dan sebagainya.

Selanjutnya, campurkan dua komponen tersebut dengan rasio 1:2,7 atau setara 4,5 kilogram cairan : 12,3 kilogram serbuk.

Aduk menggunakan paddle mixer sampai rata dan tidak ada penggumpalan.

Penggunaan komponen liquid yang lebih banyak berperan penting meningkatkan kekuatan waterproofing sehingga kualitas adukan lebih optimal. 

Untuk mengaplikasikan ke permukaan, dapat menggunakan kuas atau trowel.

Aplikasikan campuran dua komponen tersebut di atas lapisan yang masih lembap dengan gerakan searah, kemudian tunggu mengering selama dua hingga empat jam.

Setelah lapisan mengering, ulangi lagi untuk melapisi lapisan ke dua dengan gerakan tegak lurus atau menyilang dengan lapisan yang pertama.

"Arah aplikasi pertama dan kedua harus tegak lurus atau menyilang supaya antarlapisan membentuk ikatan lebih kuat. Khusus bidang rawan panas dan hujan, sebaiknya diaplikasikan hingga tiga lapis agar hasilnya lebih maksimal," ujar Iwan. 

Dia menyarankan agar sebaiknya melapisi secara tipis-tipis, tetapi beberapa kali daripada tebal dan hanya sekali poles sehingga membuat daya rekatnya tidak maksimal.

Jika seluruh permukaan sudah mengering total, baru dinding atau lantai dilapisi plesteran, acian, keramik, atau cat dekoratif.

Cara melapisi yang benar akan mempengaruhi daya tahannya sehingga pengaplikasian yang mengikuti standar merupakan kunci ketahanannya. 

Onducoat Bionic Fiber dipasarkan seharga Rp 333 ribu per pail (16,8 kilogram).

Untuk pembelian online maupun offline produk waterproofing Onducoat Bionic Fiber di Mitra10 selama periode 28 Juni-25 Juli 2021, mendapatkan potongan harga 50 persen. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rasakan Sensasi Mobil Turbo Besutan Wuling di Summarecon Mall Serpong


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler