Operasi Zebra, Pelanggar Didominasi Pengendara Sepeda Motor

Kamis, 02 November 2017 – 11:00 WIB
Polisi merazia pengendara sepeda motor. Foto: Gilang/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Operasi Zebra serentak se-Indonesia digelar selama dua minggu ke depan mulai 1 hingga 14 November mendatang.

Kegiatan tersebut menitikberatkan pada penindakan penegakan hukum, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

BACA JUGA: Cinta Ditolak, Pemuda Ini Bogem Pacar Cewek yang Ditaksirnya

Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sumsel AKBP Ridwan, menegaskan sepeda motor pelanggar harus dikandangkan sebagai barang bukti.

Terutama yang tidak punya SIM, melawan arus, dan tidak pakai helm. “Semua pelanggaran yang mencolok yang berpotensi menimbulkan laka. Inilah tujuan dari Operasi Zebra, untuk memberikan efek jera,” ujar Ridwan.

BACA JUGA: Tanpa STNK dan Pajak Mati, Mobil Dinas Terjaring Operasi

Untuk angka laka lantas di Sumsel, Januari-Oktober 2017 tercatat terjadi 925 kasus laka lantas. Rinciannya, Januari ada 85 kasus, Februari 90 kasus, Maret 85 kasus, April 92 kasus, Mei 94 kasus, Juni 92 kasus, Juli 97 kasus, Agustus 96 kasus, September 101 kasus, dan Oktober 93 kasus.

Khusus Oktober ini, dari 93 laka lantas, ada 49 yang meninggal dunia, 38 luka berat, dan 65 luka ringan. “Kami ingin terus menekan sekecil mungkin angka fatalitas korban. Keselamatan dalam berlalu lintas adalah nomor satu,” tuturnya.

BACA JUGA: Duarrr, Agus Tewas Disambar Petir saat Mengendarai Motor

Ditlantas Polda Sumsel, kemarin (1/11) menggelar Operasi Zebra Musi 2017 di Jl Demang Lebar Daun, dekat simpang empat jalan Parameswara, pukul 11.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Hasilnya, lebih dari 80 kendaraan yang didominasi roda dua terjaring. Bahkan, tidak sedikit yang harus dikandangkan sepeda motornya.

Salah satunya sepeda motor yang dikendarai Ayu (15), warga jalan Inspektur Marzuki. Dia berboncengan bersama temannya, tidak menggunakan helm dan melawan arus. Dia mengambil jalur pinggir sebelah kiri, dari arah simpang empat jalan Parameswara menuju arah Griya Agung. “Tidak tahu kalau ada razia,” sesalnya.

Dari razia kemarin, jenis pelanggaran pun beragam. Selain ada yang tidak bawa atau tidak punya SIM, tidak bawa STNK, , ada juga yang pajak sepeda motornya mati, plat nopolnya yang modifikasi, knalpot racing, tanpa kaca spion, dan lainnya.

Sementara itu Satlantas Polres Lahat, hari pertama Operasi Zebra Musi 2017 sudah menilang 30 pengendara Didominasi pengendara sepeda motor.

“Pelanggaran mulai belum memiliki SIM, sampai tidak memiliki kelengkapan kendaraan," kata Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasatlantas, AKP Dani Prasetya SIK.

Di bagian lain, Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto SH MH, melalui Kasat Lantas, AKP Ricky Nugraha, mengatakan Operasi Zebra Musi 2017 bertujuan meningkatkan ketaatan peraturan lalu lintas dan meminimalisasi lakalantas. “Penekanannya penindakan, tilang bila melanggar,” katanya usai apel pasukan di halaman Mapolres OKI.

Terpisah, Operasi Zebra Musi 2017 di Kabupaten Empat Lawang, hari pertama kemarin di Jalan Lintas Sumatera, depan eks Kantor Dishub, Kecamatan Tebing Tinggi.

“Kami mengutamakan penindakan, tanpa pandang bulu. Operasi selanjutnya, di tempat rawan laka lantas,” ujar Kapolres Empat Lawang, AKBP Bayu Dewantoro, melalui Kasat Lantas, AKP Budi Harto.

Selanjutnya, Satlantas Polres Muba mengerahkan 74 personel pada Operasi Zebra Musi 2017. Melibatkan Polisi Militer (POM) dan Dinas Perhubungan.

“Sasaran Operasi Zebra itu, kendaraan yang melebihi kapasitas, pelanggaran rambu lalu lintas, kendaraan yang melawan arus jalan, tidak mengenakan helm dan kelengkapan surat tanda nomor kendaraan bermotor serta lainnya,” ujar Wakapolres Muba, Kompol Dodi Indra Eka Putra SIK.

Sedangkan Satlantas Polres OKU, menargetkan 2.000 tilang pada Operasi Zebra Musi 2017. “Hari ini saja (Rabu, 1/11) sudah ada sekitar 200 kendaraan yang kami tilang. Dalam sehari ditargetkan 150 hingga 200 tilang,” kata Kasat Lantas Polres OKU, AKP Candra Kirana SIK. melalui KBO Lantas. Iptu Marjuni, kemarin. (tim/air/ce3)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siap-siap, Operasi Zebra Digelar Mulai Hari ini


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler