Pagelaran Sabang Merauke Bakal Spektakuler, Isyana Sarasvati Terlibat

Kamis, 03 Agustus 2023 – 19:04 WIB
Pagelaran Sabang Merauke kembali diselenggarakan pada tahun ini tepatnya pada 19 dan 20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre Kemayoran, Jakarta. Foto: Dok. iForte

jpnn.com, JAKARTA - Pagelaran Sabang Merauke kembali diselenggarakan pada tahun ini tepatnya pada 19 dan 20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre Kemayoran, Jakarta.

Diadakan sebanyak 4 performance selama 2 hari, pertunjukan hadir dengan konsep yang lebih megah dan spektakuler.

BACA JUGA: NOAH Akhirnya Jawab Rasa Penasaran Netizen

Pagelaran Sabang Merauke tahun ini mengangkat tema Pahlawan Nusantara.

Pertunjukan seni dan budaya yang digagas oleh iForte dan BCA itu bertujuan untuk merasakan semangat para pahlawan Nusantara yang diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi di masa sekarang untuk berperan menjadi pahlawan dalam bidangnya masing-masing.

Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' memadukan aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional, hingga parade busana etnik Indonesia.

BACA JUGA: Dimotori Ananda Badudu, Sauh Memperkenalkan Diri Lewat Benderang

Pagelaran itu melibatkan sekitar 200 profesi di antaranya yakni ratusan seniman lintas generasi terbaik Indonesia baik musisi, penari, penyanyi papan atas, hingga belasan desainer, dan rumah mode.

CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso mengatakan Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi memberikan kehidupan yang lebih baik kepada siapa saja yang lahir di bawah langit Ibu Pertiwi.

BACA JUGA: Berdamai, Baim Wong dan Nikita Mirzani Garap Film Bareng

"Pagelaran ini juga menjadi sebuah bukti bahwa seluruh elemen bangsa lintas profesi dan lintas generasi yang sangat bineka bersatu padu melahirkan sebuah pertunjukkan yang grande, kolosal dan spektakuler, dengan satu tujuan utama yakni agar setiap pasang mata yang menonton bangga telah terlahir di Indonesia yang memiliki keragaman budaya," kata Ferdinandus Aming Santoso.

Menurutnya, perjuangan para pahlawan merupakan tongkat estafet yang harus diteruskan oleh generasi muda.

Insiprasi perjuangan para pahlawan di masa lampau, harus ditransformasikan pahlawan masa kini dengan berjuang di lini profesi masing-masing demi menjaga eksistensi Indonesia di mata dunia.

"Apa pun profesi kita, kita adalah pahlawan bagi diri kita masing-masing yang menjaga akar budaya sebagai fundamental bangsa serta bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang. Salah satunya ialah para musisi dan seniman yang telah berjuang demi eksistensi Indonesia," sambungnya.

Satu contoh yang dimaksud yakni Batavia Madrigal Singers (BMS), Juara European Grand Prix for Choral Singing 2022.

Di bawah komando Avip Priatna selaku Direktur The Resonanz Music, BMS akan ambil bagian dalam Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’.

"Setelah terlibat pada Pagelaran Sabang Merauke edisi 2022, BMS merasa antusias kembali ambil bagian dalam pertunjukan yang diharapkan bisa menjadi etalase kekayaan budaya Indonesia yang juga menjadi bentuk penghormatan terhadap perjuangan pahlawan dan tokoh-tokoh bangsa," tutur Avip.

Tidak hanya Avip Priatna, di bagian musik juga akan melibatkan Dian HP, Dunung Basuki, Ammir Gita, Meidy Ratnasari.

Kemerduan paduan suara dari Batavia Madrigal Singers juga didukung dengan harmoni musik dari Jakarta Concert Orchestra yang menyemarakkan Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’.

Harmoni musikalitas bakal dipadukan dengan suara emas dari penyanyi papan atas Indonesia, di antaranya Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto.

Para penyanyi akan silih berganti menyanyikan 31 lagu daerah dan nasional yang akan membangkitkan semangat nasionalisme para penonton.

"Melalui pagelaran ini kita bisa menunjukkan berbagai macam keindahan yang kita punya dan harapannya agar generasi muda semakin menyadari bahwa budaya kita itu keren," jelas Isyana Sarasvati.

Sementara itu, Sutradara Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ Rusmedie Agus menjelaskan bahwa pertunjukan akan lebih megah dibandingkan dengan dua edisi Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya.

Perbaruan akan terasa lebih menonjol dari sisi multimedia, pengadeganan cerita, tata suara hingga aksi-aksi teatrikal yang akan disajikan di atas panggung.

“Karena mengangkat tema pahlawan nusantara, alur cerita jelas berbeda dibanding Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya. Tata panggung akan mengusung konsep perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih megah" beber Rusmedi.

Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ kembali mempercayakan urusan koreografi kepada koreografer handal Sandhidea Cahyo Narpati didukung oleh seniman tari daerah Mugiyono Kasido, Abib Igal, Gunk Mas, Okvalica.

Tidak ketinggalan pula budayawan senior Butet Kertaradjasa yang akan menampilkan kemampuan teatrikal di atas panggung dan juga penampilan istimewa dari ventriloquist Kak Tony.

Sementara itu pada lini busana, sejumlah desainer kenamaan Tanah Air juga akan memamerkan koleksi terbaik dengan nuansa etnik Indonesia.

Mereka di antaranya yakni Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya.

Terdapat pula nama Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman yang juga turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran kali ini.

Selain dapat menikmati seni pertunjukan di panggung utama, para pengunjung Pagelaran Sabang Merauke juga bakal diajak menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke festival UMKM yang melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA.

Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono menuturkan, BCA senantiasa mendukung kegiatan kesenian dan kebudayaan yang positif dan memiliki nilai yang selaras dengan perusahaan.

Bentuk dukungan ini salah satunya diwujudkan dalam keikutsertaan BCA di Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’.

Selaras dengan hal tersebut, untuk mendorong kemajuan pariwisata dan perekonomian di Tanah Air, pada pagelaran kali ini BCA turut menghadirkan UMKM BCA Bangga Lokal dan Desa Wisata Binaan Bakti BCA.

“Dengan kehadiran BCA Bangga Lokal, para pengunjung dapat melihat dan membeli produk UMKM asli Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan terhadap produk anak bangsa," ucap Widodo.

Pada pagelaran ini, tiap-tiap penonton diharapkan datang dengan mengenakan kain-kain wastra Nusantara terbaik sebagai bentuk penghormatan terhadap kayanya khazanah budaya warisan leluhur bangsa.

Tiket Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara sudah dapat dibeli melalui laman resmi penyelenggara. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler