Pakai Sistem Pelatnas Buka Tutup

Program Timnas U-23

Minggu, 21 April 2013 – 06:50 WIB
JAKARTA - Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) memang belum mengumumkan nama-nama pemain yang akan diseleksi. Namun, dia sudah menyiapkan langkah lanjutan agar program pelatnas untuk timnas, proyeksi SEA Games 2013 Myanmar berjalan maksimal.

Saat ini, selain berkoordinasi dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia emas (Satlak Prima), Rahmad juga sedang menemukan solusi tepat untuk model pelatnas Timnas U-23.

"Tidak mungkin Pelatnas jangka panjang. Yang memungkinkan sistem Pelatnas dengan buka tutup," ujar RD.

Untuk itu, usai pengumumkan nama pemain yang dipanggil seleksi, RD akan melakukan koordinasi dengan operator kompetisi, baik itu Indonesian Primer League (IPL) atau Indonesia Super League(ISL). Sebab, masa persiapan tim proyeksi SEA Games 2013 ini berbarengan dengan padatnya jadwal kompetisi yang akan diunifikasi pada 2014.

Menurut RD, dengan materi dari ISL dan IPL takkan mudah mendapatkan izin klub. Dia masih mempertimbangkan dengan asisten Aji Santoso dan operator kompetisi berapa hari waktu yang tepat dalam sistem pelatnas buka tutup ini.

"Kami akan tunggu SK (Surat Keputusan) dahulu untuk pemanggilan pemain, setelah itu baru akan melakukan pertemuan dengan operator kompetisi. Kemungkinan awal Mei," jelasnya.

Dalam pandangan RD, waktu ideal untuk melakukan latihan buka tutup adalah sekitar 10 hari dalam satu bulan. Nah, ini akan dibicarakan lagi karena menyangkut perizinan klub, siapa tahu, klub-klub bisa mengerti waktu pemanggilan yang tidak panjang ini.

"Kalau saya inginnya, 10 hari lah minimal, tapi kalau dapatnya seminggu juga akan dimaksimalkan. Pokoknya nunggu pemanggilan pemain dahulu," tegasnya.

Melihat range waktu, pelatnas akan dilakukan sampai Oktober atau November. Nantinya, dari 60-an nama pemain yang akan diseleksi akan dikurangi hingga menjadi tersisa 30 pemain.

Seleksi tersebut akan dilakukan dua tahap. Setelah terkumpul 30 nama, pada Agustus nanti diharapkan sudah bisa didapat 23 pemain inti menuju SEA Games 2013.

Di sisi lain, CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono juga menuturkan bahwa perlu koordinasi terkait jadwal kompetisi dengan jadwal pemusatan latihan timnas. Tetapi, Joko belum mengetahui waktu pastinya karena masih menunggu" koordinasi PSSI maupun BTN.

"Koordinasi memang sangat diperlukan mengingat jadwal kompetisi kita dan jadwal pemusatan latihan yang mendesak," papar Joko. (aam/ko)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak I, Van Dijk Bikin Ompong Singo Edan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler