Pakde, Nggak Pengin Berkarir di Musik Aja?

JANESTI PRIYANDINI - Wartawan Jawa Pos

Kamis, 31 Januari 2019 – 05:29 WIB
Ahmad Dhani. Foto: Dedi Yondra/JPNN

jpnn.com - Sosok Ahmad Dhani, buat wartawan hiburan, pasti berkesan. Di kalangan wartawan dia biasa dipanggil Pakde. Orangnya kalau ngomong enggak pakai tedeng aling-aling.

Gampang banget di-kuot. Meski pada akhirnya perkataannya tersebut sering jadi pro dan kontra, tapi ya memang begitu karakternya.

BACA JUGA: Mulan Jameela: Perjuangan Kami Tidak akan Berhenti

Di industri musik, namanya sangat besar. Semua pasti setuju soal itu. Karya-karyanya melegenda. Sejak zaman bareng sama Dewa 19 sampai kemudian punya manajemen artis sendiri, Republik Cinta Management.

Kemudian banyak memproduseri karya yang dibawakan penyanyi maupun band yang dia ’’temukan’’. Rata-rata semuanya jadi terkenal, baik lagu maupun artisnya. Tangan dingin banget, kan?!

BACA JUGA: Jenguk Ahmad Dhani, Begini Pengakuan Neno Warisman

Dia sudah sangat terbiasa jadi bahan berita. Gara-gara ucapan, karya, prestasi, kekayaan, tingkah, sampai kehidupan rumah tangganya. Tapi, publik tetap mencintainya.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Minta Dibawakan Kopi Kesukaannya

Ahmad Dhani. Foto: Dedi Y/JPNN.com

Penggemar Ahmad Dhani itu buanyak, lho. Mereka dengan setia datang berbondong-bondong saat tahu Dhani atau artis di bawah manajemennya manggung.

Kalau buat saya pribadi, yang jadi wartawan hiburan di Jakarta zaman 2009–2014, berita soal Dhani itu bernilai tinggi. Kalau sampai nggak tahu di mana rumah Ahmad Dhani, berarti wartawan hiburan palsu! Haha.

Rumahnya di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, memang sering sekali digunakan untuk tempat konferensi pers atau syuting klip video. Cuma, ya itu, meliput bapak lima anak tersebut harus sabaarr menunggu. Soalnya pasti molor berjam-jam, Gaes.

Biasanya, saking lamanya belum mulai-mulai (karena belum siap diwawancara, dll), akhirnya sasaran para wartawan yang menunggu adalah tukang bakso yang lewat di depan rumahnya. Killing time dengan ngebakso, hehe.

Di rumah serbahitam itu, kami biasa saja bludhas-bludhus keluar masuk. Lantai dasar sepertinya memang digunakan untuk area publik. Dia tidak keberatan rumahnya yang besar tersebut tiba-tiba kedatangan banyak orang seliweran dan tidak dikenal. Dhani tidak menciptakan jarak hanya karena dia artis.

***

SAYA punya kenangan manis dengan teman-teman sesama wartawan hiburan di Jakarta. Tujuh tahun lalu, kami meliput konser Dhani di Jakarta Convention Center. Konser Mahakarya Ahmad Dhani judulnya.

Lagu-lagu ciptaannya yang superhit itu dibawakan satu per satu oleh penyanyi lain. Gongnya adalah ketika Dewa 19 dan Ari Lasso tampil. Gila! Itu bikin merinding banget.

Satu Hati (Kita Semestinya), Kangen, Cinta Kan Membawamu Kembali, Kirana, Restoe Boemi. Apalagi, kala itu jarang banget lihat Dewa 19 sepanggung. Wih, asli itu memorable sekali. Kami meliput sambil nyanyi bareng.

Puncaknya pas mereka membawakan Kamulah Satu-satunya. Spontan saja telepon dari kantor yang nagih berita jadi nggak penting. Meski BlackBerry berdering dan berbunyi PING!! berkali-kali (yang mengalami zaman BlackBerry Messenger pasti paham soal itu), bodo amat. Ntar dulu, lagi asyik.

BACA JUGA: Mulan Jameela: Perjuangan Kami Tidak akan Berhenti

Kami berangkulan, nyanyi bareng, menari, mengayunkan kaki ke kanan dan ke kiri. ’’Kamulah satu-satunya, yang ternyata mengerti aku. Maafkan aku selama ini, yang sedikit melupakanmu,’’ teriak kami. Seajaib itu lho efek lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani. Tiba-tiba, rasa bete karena selalu menunggu lama saat meliput Dhani hilang seketika. Yang terlihat di panggung malam tersebut adalah seorang Ahmad Dhani yang genius dalam bermusik. Dia seorang masterpiece.

Sayang, sekarang musisi berbakat itu harus berada di balik jeruji besi karena kasus ujaran kebencian. Berdasar sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Senin (28/1), dia dihukum 1,5 tahun penjara. Dia juga harus menghadapi kasus lainnya, tentang pelanggaran UU ITE di Surabaya, yang sedang bergulir.

BACA JUGA: Tak Usah Cengeng, Sebaiknya Buni Yani Jantan Bakal Jadi Pesakitan

Sebagai penikmat karya-karyanya, kayaknya bakalan lama nih melihat Ahmad Dhani ’’istirahat’’ dari dunia musik. Pakde, nggak pengin berkarir di musik aja? Bikin lagu-lagu yang keren?! Serius mau di politik? (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Hari di Bui, Begini Kondisi Terkini Ahmad Dhani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler