Paling Sukses Dalam 100 Laga

Sabtu, 10 Maret 2012 – 13:13 WIB

BENTROK melawan Real Betis dini hari nanti memiliki arti penting bagi entrenador Real Madrid Jose Mourinho. Dia melakoni pertandingan ke-100 bersama Real.
   
Apapun hasilnya, dengan rekor 76 kemenangan dari 99 pertandingan, telah menjadikannya sebagai pelatih paling sukses di Spanyol dalam 100 laga pertamanya. Mourinho melampaui catatan hebat pelatih legendaris Real Miguel Munoz dan pelatih Barca Josep Guardiola. Keduanya punya catatan kemenangan 70 persen dari 100 laga.

Dengan 76 kemenangan, 13 kali seri, dan sepuluh kali kalah, dari 99 laga, maka Mourinho telah mengemas 76,7 persen kemenangan. Bila mampu merebut kemenangan melawan Betis dini hari nanti, maka naik menjadi 77 persen.

Hanya, soal gelar, dalam 100 laga pertamanya, dia baru mengemas juara Copa del Rey musim lalu. Musim ini, mereka berpotensi menjuarai Liga Primera Spanyol. Real unggul sepuluh angka atas pesaing terdekatnya Barcelona di klasemen sementara.

Selain persentase kemenangan yang dahsyat, Real di tangan Mourinho juga menjadi tim yang sangat produktif. Mereka sering sekali mendapatkan kemenangan besar. Pada musim pertamanya, Mourinho pernah membawa Real menang 8-0 atas Levante, 8-1 atas Almeria, 7-0 atas Malaga, serta dua kali menang 6-1 atas Sporting Gijon dan Racing Santander.

Rata-rata gol yang mampu dilesakkan para pemain Real dalam satu pertandingan adalah 2,73 gol. Kenaikan yang signifikan ketimbang ketika dia melatih klub-klub sebelumnya. Bersama Inter, dia memiliki statistik gol 1,71 gol perlaga, Chelsea (1,79 gol perlaga), Uniao Leira (1,7 gol perlaga), dan Benfica (1,45 gol perlaga).

Secara total, sepanjang karirnya, Mourinho mencatat rekor kemenangan 68,31 persen dengan rata-rata gol perpertandingan sebesar 1,99 gol. Lalu, dia juga sudah mengemas 18 gelar bersama Porto, Chelsea, Inter, dan Real Madrid.

"Mourinho merupakan pelatih yang luar biasa. Dia selalu menang dengan setiap klub yang ditanganinya. Sangat sulit untuk melakukan itu," puji Deco, gelandang yang pernah ditangani Mourinho di Porto, seperti dikutip Goal.

"Pekerjaannya di Real belum selesai. Dia masih mungkin melakukan lebih baik dari itu. Sekarang mereka unggul sepuluh poin atas Barcelona. Mereka sangat sulit untuk dikejar dalam perburuan gelar musim ini," ungkap Deco. (ham)

Rekor Mourinho di Real Madrid

Tanding    : 99 laga
Menang    : 76 kali = 76,7 %
Seri           : 13 kali = 13,2 %
Kalah        : 10 kali = 10,1 %
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tawarkan Andik ke Inter Milan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler