PAM Jaya Mulai Bangun IPA Buaran III, Bisa Layani 226 Ribu Sambungan Rumah

Jumat, 14 April 2023 – 12:25 WIB
Groundbreaking pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III, di Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (13/4). Foto: dokumentasi PAM Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) mulai membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III, di Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin menyebutkan proyek pembangunan IPA ditargetkan dapat beroperasi pada Maret 2025.

BACA JUGA: Dharma Wanita PAM JAYA Beri Santunan dan Paket Sembako kepada Anak Yatim

“IPA Buaran III berkapasitas 3000 liter per detik (lpd), yang akan melayani 226.500 sambungan rumah,” ucap Arief dalam keterangannya, Jumat (14/4).

Wilayah pelayanannya meliputi Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pasar Rebo dan sebagian Kecamatan Jatinegara.

BACA JUGA: Dharma Wanita PAM Jaya Berbagi Ceria, Sampaikan Pesan Ini di Bulan Ramadan

Menurut Arief, PAM Jaya menargetkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030.

Untuk memenuhi target itu, pihaknya menambah kapasitas produksi hingga 10.900 liter per detik, serta perluasan jaringan pipa hingga 4.500 kilometer.

Dua hal tersebut akan menambah jumlah pelanggan sebanyak 1,1 juta.

“PAM JAYA akan menghadirkan kedaulatan air di DKI Jakarta. Sebagai bagian dari negara, tentu saja kami berkomitmen untuk terus berorientasi pada pelayanan dan bukan bisnis semata,” kata dia.

Pembangunan IPA Buaran III sendiri sudah sesuai Nota Kesepakatan Nomor 1 Tahun 2022 antara Kemendagri, Kemen PUPR dan Pemprov DKI Jakarta mengenai sinergi dan dukungan penyelenggaraan Sistem penyediaan air minum (SPAM).

Dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 7 Tahub 2022 tentang penugasan kepada PAM Jaya mempercepat peningkatan SPAM, juga didapati rekomendasi strategis untuk mencapai target pemenuhan layanan SPAM.

"Kerja sama bundling adalah skema pembiayaan investasi dengan memperhitungkan optimalisasi aset eksisting,” tuturnya.

Adapun, PT Moya Indonesia akan membangun IPA Buaran III dan membiayai jaringan distribusi untuk mendukung SPAM Jatiluhur-Hulu, SPAM Karian Serpong dan IPA Buaran III.

Untuk optimalisasi asset eksisting, PT Moya Indonesia akan mengelola bagian produksi di enam IPA milik PAM JAYA, yaitu IPA Pejompongan I dan II, IPA Buaran I, II dan III serta IPA Pulo Gadung.

"PAM JAYA tetap mengelola tujuh IPA lainnya, yaitu IPA Cilandak, IPA SWRO, IPA Taman Kota, IPA Hutan Kota, IPA Mookervart, IPA Ciliwung dan IPA Pesanggrahan," tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler