Pameran Sewindu PSN, BAKTI Kominfo Beberkan Capaian Satelit Satria-1

Selasa, 19 September 2023 – 21:36 WIB
BAKTI Kominfo memamerkan salah satu PSN untuk pemerataan koneksi jaringan internet adalah Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) dalam pameran Sewindu PSN. Foto: dok BAKTI Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) memamerkan salah satu PSN untuk pemerataan koneksi jaringan internet adalah Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) dalam pameran Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN): Infrastructure Forum and Edutainment Expo.

Acara yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Mal Kasablanka, Jakarta, 13-16 September 2023 itu dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA: Bulan Pelanggan Nasional, MIND ID Hadirkan Visualisasi Canggih untuk Mengenalkan PSN

Selama era pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur menjadi kerja prioritas yang perlu segera diselesaikan guna mendukung tercapainya Indonesaia Emas 2045.

PSN terus dikebut pengerjaannya oleh pemerintah sehingga pemerataan pembangunan dan meningkatnya perekonomian nasional dapat terwujud.

BACA JUGA: BAKTI Kominfo Surabaya & BUMDes Gelar Pelatihan K3

Presiden Joko Widodo mengatakan selama delapan tahun terakhir tercatat sebanyak 161 PSN berhasil rampung pengerjaannya. PSN pun mampu menyerap tenaga kerja mencapai 11 juta orang.

Sejumlah PSN yang telah banyak tuntas meliputi bidang kawasan industri, pariwisata, perdagangan, residensial, jalan dan jembatan, energi, bandar udara, smelter, dan pengembangan kendaraan listrik.

Hingga kini masih ada 68 proyek dalam tahap konstruksi, kemudian terdapat 31 proyek dan sembilan program PSN yang faktanya telah beroperasi sebagiannya.

Menurut Presiden Jokowi, PSN telah mampu memberikan dampak bagi perekonomian nasional dan meningkatkan daya saing mengacu data Institute for Management Development (IMD) global tahun 2022.

“Berdasarkan International Institute for Management Development, daya saing kita tahun 2022 ranking 44 tahun. Kemarin kita sudah masuk ranking 34, tu kenaikan tertinggi di dunia dan salah satunya karena infrastruktur banyak kita selesaikan,” kata Presiden.

Adapun PSN BAKTI Kominfo adalah sebagai berikut:

1. Satria-1 lepas landas dari Florida, Amerika Serikat, melalui Roket Falcon 9 SpaceX, pada Senin, 19 Juni lalu, pukul 05.59 WIB.

2. Satria-1 merupakan satelit terbesar di Benua Asia dan peringkat kelima dunia yang milik maupun pemgoperasiannya berada penuh dilakukan pemerintah Indonesia.

3. Satelit Satria-1 berkapasitas throughput 150 miliar bit per second (Gbps) atau tiga kali lipat kapasitas sembilan satelit telekomunikasi yang digunakan Indonesia. Teknologinya disebut High Throughput Satellite (HTS).

4. Satria-1 merupakan satelit multifungsi yang ditargetkan bergerak menempati orbit 146°BT hingga November mendatang di atas langit Provinsi Papua. Satria-1 diperkirakan mampu beroperasi selama 15 tahun ke depan sejak pertama kali mengorbit.

5. Satria-1 akan siap digunakan memperkuat jaringan internet di 150 ribu titik, terutama daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Beroperasinya Satria-1 nanti dapat mendukung kegiatan publik seperti pendidikan, kantor pemerintahan, kesehatan, serta pengawasan wilayah.

BAKTI Kominfo telah membangun stasiun pengendali di bumi yang berada sebelas kota yaitu di Cikarang, Batam, Manado, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manokwari, Jayapura, dan Timika.

Adapun pameran dalam PSN itu adalah keistimewaan Satria-1 imembuat BAKTI Kominfo merasa perlu memamerkannya dalam kegiatan Sewindu PSN: Infrastructure Forum and Edutainment Expo. Satria-1 menjadi andalan Indonesia ke depannya guna ketersediaan jaringan internet berkeadilan.

Selain itu, ditampilkannya informasi PSN Satria-1 di booth BAKTI Kominfo memantik perhatian dan keingintahuan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menyempatkan meninjau booth BAKTI Kominfo lalu menanyakan berbegai proses PSN Satria-1.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler