PAN Bakal Tinggalkan Foke di Putaran II

Selasa, 17 Juli 2012 – 15:44 WIB

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan kembali mendukung pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di putaran kedua. Meskipun berstatus sebagai partai pengusung, namun dukungan partai yang diketuai Hatta Rajasa kembali dikaji karena adanya masukan dari masyarakat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Taufik Kurniawan mengakui partai berlambang matahari itu memang tidak bisa beralih sebagai partai pengusung karena terikat dengan Undang-undang. Namun, untuk dukungan dan pilihan bisa saja berpindah ke calon lain.

"Sungguh pun PAN tidak bisa beralih, tapi realitas akan dikaji. Realitas yang terjadi di masyarakat akan menjadi masukan. Tapi kewenangan itu kami berikan wewenang penuh kepada ketua umum," kata Taufik di sela-sela konferensi pers Pasar Anak Negeri (PAN) di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7).

Taufik yang juga wakil ketua DPR mengatakan keputusan dukungan PAN akan disampaikan secepatnya setelah dilakukan kajian yang mendalam. "Setelah kami kaji dalam, tentu ada keputusan final. Satu dua minggu ke depan akan ada hasil," ucapnya.

Dikatakan pula Taufik, fenomena pilkada DKI sangat menarik. Apalagi prediksi seluruh lembaga survei meleset karena terjadinya pergeseran aspirasi masyarakat. "Arah dukungan berubah ke politik figur.  Posisi figur jadi magnet buat masyarakat. Rakyat tidak peduli lagi incmubent, tapi siapa figurnya," ucapnya.

Sebelumnya, PAN kesal dengan calon gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foke) lantaran sikap sang incumbent yang lebih sering arogan. "Foke memang telah mengecewakan petinggi-petinggi PAN. Yang bersangkutan kepedean, sehingga terkesan arogan," kata Wakil Ketua Umum PAN, Drajad Wibowo, kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/7).

Akibatnya, kata dia, tokoh-tokoh PAN yang punya pengikut banyak di Jakarta enggan menggalang suara untuk Foke. Kondisi ini mengakibatkan Suara akar rumput dilepas.  Ditambah dengan gesture tubuh dan penampilan yang sering terlihat marah-marah. (awa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Mulai Hitung Suara di Kabupaten/Kota


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler