PAN dan PPP Usung Kader Internal

PDIP Usung Barhum Jadi Cabup, Golkar Tunggu Restu DPP

Jumat, 24 Februari 2012 – 10:37 WIB
TANGERANG - Kemesraan empat partai yang jadi motor utama pemenangan pasangan Bupati Ismet Iskandar-Wakil Bupati Rano Karno pada Pemilukada Tangerang 2008-2013 dipastikan pecah. Empat partai itu yakni Partai Golkar (pengusung utama Ismet Iskandar) PDIP, PPP dan PAN pada perhelatan Pemilukada 2013, bakal mendukung kader internal masing-masing maju jadi calon bupati (cabup).
    
Mengusung kader internal partai untuk tampil sebagai calon orang nomor satu di Kabupaten Tangerang dinilai lebih rasional guna menjawab tuntutan perubahan menuju Kabupaten Tangerang yang lebih baik. Sebelumnya, tiga partai pengusung koalisi ”Benteng Bersatu” yakni PDIP, PPP dan PAN menyatakan keluar dari koalisi pendukung pemerintahan Ismet Iskandar. 

Adapun alasan PPP dan PAN hengkang pada masa akhir jabatan kedua Ismet Iskandar sebagai bupati lantaran tidak ada lagi komunikasi yang baik dalam koalisi. Sementara itu, PDIP cabut dukungan lantaran arah pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang dipimpin Ismet Iskandar sudah tidak lagi berpihak kepada masyarakat.  

Ketua DPD PAN Kabupaten Tangerang Marlan Akip mengatakan partainya akan mengusung kader internal terbaik menjadi cabup pada perhelatan Pemilukada 2013 mendatang.  ”Alasannya, PAN optimis melakukan perubahan lebih baik bagi masyarakat apabila menjadi pimpinan tertinggi pemerintahan Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Karena itu, ungkapnya juga, PAN akan mengusung kader internalnya maju. Walau jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tangerang tak mungkin mengusung kandidat internal, tapi partai berlambang Matahari Terbit itu tengah menjajaki koalisi dengan partai lain. ”Tapi siapa kader internal yang maju? Masih menunggu Rakercab yang digelar Maret nanti. Saya secara pribadi siap mencalonkan diri,” cetusnya.

Sekretaris DPC PPP Kabupaten Tangerang Nazil Fikri mengaku partainya berencana membangun koalisi baru dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang yang akan digelar pada awal 2013 mendatang. Saat ini, partai besutan Suryadharma Ali  itu mengaku telah melakukan penjajakan koalisi dengan partai lain. Terutama menggandeng partai-partai non parlemen.

Namun, ungkap Nazil Fikri juga, koalisi yang tengah dibangun PPP nantinya lebih kepada mempersatukan visi dan misi antarpartai. ”Setelah setuju persamaan visi dan misi. Maka kami akan munculkan calon yang cocok untuk jadi calon bupati yang akan  kami usung bersama untuk membangun Kabupaten Tangerang lebih baik. Kalau nanti kader PPP dinilai layak jadi kandidat kami siap,” cetusnya.

Sementara itu, Bendahara DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang Intan Nurul Hikmah mengatakan partainya baru akan memutuskan siapa Cabup Tangerang pada Maret mendatang. Saat ini tengah digelar survey kelayakan calon yang akan diusung partai berlambang pohon beringin tersebut. Saat disebut nama Zaki Iskandar yang tidak lain kakak kandungnya sebagai cabup.

Intan mengakui Zaki Iskandar yang kini anggota DPR RI salah satu kandidatnya. ”Masa temen-temen wartawan nggak tahu siapa calonnya. Iya itu namanya (Zaki Iskandar, Red),” candanya kepada INDOPOS (JPNN Grup). Anak bungsi Bupati Ismet Iskandar yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang itu mengatakan sang kakak memang dipersiapkan sejak lama. ”Tapi menunggu ketetapan resmi DPP Golkar,” cetusnya juga.

Sedangkan PDIP sudah menentukan sikap bakal mengusung kader internalnya jadi cabup. Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tangerang Muhlis mengatakan Musrenjacab memutuskan Ketua DPC PDIP Kabupaten Tangerang Barhum jadi kandidat tunggal Cabup Tangerang. ”Kami siap bertarung dengan Partai Golkar dan siap menjajaki koalisi dengan partai lain,” ungkapnya. (kin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Ini Qanun Pemilukada Disahkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler